Pemberian Materi Belajar Membaca Bahasa Inggris Menggunakan Metode The Paired Reading pada Anak Usia 14-20 Tahun di Pondok Pesantren Nurul Fatah Desa Karang Kemiri OKU Timur

Authors

  • Zulaikah Zulaikah Universitas Nurul Huda
  • Riyo Tegar Ariyansah Universitas Nurul Huda
  • Dwi Astuti Universitas Nurul Huda
  • Aris Farhan Fakhrudin Universitas Nurul Huda
  • Handika Galih Prakasa Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.2076

Keywords:

The Paired Reading, Ketrampilan Membaca, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Nurul Fatah pada materi membaca Bahasa Inggris. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran ini yaitu kemampuan Membaca santri yang bervariasi namun kebanyakan masih kurang baik. Untuk mengatasi hal ini Tim Pengabdian menggunakan metode The Paired Reading dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris santri. Sedangkan tahapan kegiatan  ini  meliputi,  tahap  persiapan,  tahap  pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tata cara tes pada evaluasi kegiatan ini di laksanakan dengan dua cara yaitu : (1) tes tertulis, dari 25 santri  yang mendapatkan nilai di atas target nilai sebanyak 20, lainya perlu mengulang tes. (2) perfomance tes, dari 25 santri, ada 20 santri yang sudah bisa membaca bahasa Inggris serta dapat memahami abjad dan pronounciation bahasa Inggris dengan baik dan benar. Dilihat dari hasil test yang sudah diberikan, Hasil dari pengabdian ini dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., & Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja, P. (2019). Story Mapping Strategy to Teach Reading Comprehension Achievement. Channing: English Language Education and Literature, 4(2), 50–55.

Fika Megawati. (2016). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaranbahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia, 5, 2.

Ida Fitri Rahmawati. (2011). Improving Eighth Graders’ Reading Comprehension through Autonomous Strategy. Universitas Negeri Malang.

Muhammad Haeril Lumuan. (2014). Penerapan Paired Reading Model Dalam Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Pada Report Text Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Peling Tengah Banggai Kepulauan. Jurnal.Untad.Ac.Id., 2.

Tumi, D., Oku, J., Zulaikah, T., Retno Kuspiyah, H., Amaliah, K., Ningsih, E. S., Abdillah, M. I., & Tarina, S. O. (n.d.). Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 75-81 JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Research & Learning in Faculty of Education. In ABDIRA (Vol. 2).

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Zulaikah, Z., Tegar Ariyansah, R., Astuti, D., Farhan Fakhrudin, A., & Galih Prakasa, H. (2023). Pemberian Materi Belajar Membaca Bahasa Inggris Menggunakan Metode The Paired Reading pada Anak Usia 14-20 Tahun di Pondok Pesantren Nurul Fatah Desa Karang Kemiri OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.2076
Abstract Views: 54 | File Views: 58