A PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI AL-QUR’AN MENGGUNAKAN H5P DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SPIRITUAL (KI-1) PADA MATERI SISTEM TATA SURYA

Authors

  • Ainun Ummi Sholikhah Universitas Nurul Huda
  • Effendi
  • Siti Anissaturrofiqah

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.2783

Keywords:

E-modul Interaktif, E-modul, e-Book interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul interaktif terintegrasi Ayat Al-Qur'an menggunakan HTML 5 Package serta mengetahui kevalidan dan kelayakan e-modul interaktif dalam membangun Kompetensi Spiritual (KI-1) pada materi Sistem Tata Surya pada siswa kelas VII di MTs Nurul Huda. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif terintegrasi Ayat Al-Qur'an valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase validitas dari ahli media sebesar 85,00% (sangat valid) dan ahli materi sebesar 89,20% (sangat valid). Serta memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai uji praktikalitas sebesar 90,60% (sangat praktis). E-MITA Tata Sura mampu meningkatkan kompetensi spiritual siswa dalam memahami materi Sistem Tata Surya. Hasil tes membaca siswa (rata-rata 74,00; baik) dan tes menghafal (rata-rata 70,00; baik) menunjukkan bahwa e-modul ini efektif dalam meningkatkan kompetensi spiritual siswa.  

 

Kata kunci: E-modul interaktif terintegrasi Al-Qur’an, H5P, Kompetensi Spiritual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1–9.

Lestari, A. D., Sutarno, S., Rohadi, N., Sakti, I., & Nirwana, N. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 147–154.

Rahmawati, R. D., & Bakhtiar, N. (2018). Pembelajaran IPA berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 195–212.

Rochman, C. (2010). Pembelajaraan Fisika Berbasis Nilai Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Agama Islam. 11(2), 52–29.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9825

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88.

Widayanti, Amaliah, K., Kurniawan, A., & Sholikhah, A. U. (2022). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Pada Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran Fisika: Studi Literature. SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 4, 117–122.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Sholikhah, A. U., Effendi, & Siti Anissaturrofiqah. (2024). A PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI AL-QUR’AN MENGGUNAKAN H5P DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SPIRITUAL (KI-1) PADA MATERI SISTEM TATA SURYA. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.2783
Abstract Views: 60 | File Views: 72