Analisis Underachiever Terhadap Hasil Belajar Dan IQ Peserta Didik Dalam Mempelajari Materi Kimia Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Cirebon

Authors

  • Susanti Susanti universitas muhammadiyah cirebon
  • Yulina Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dewiantika Azizah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.2731

Keywords:

Underachiever, IQ, Hasil belajar, Kimia

Abstract

Kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat, struktur materi, perubahan materi, atom, dan molekul. Mempelajari ilmu kimia membutuhkan pemahaman konsep yang beruntun dan saling berkesinambungan. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam menguasai konsep materi di sekolah memiliki tingkat pemahaman yang berbeda. Seperti dalam proses pembelajaran kimia tanpa didukung dengan media pembelajaran yang relevan, sehingga diasumsikan kimia adalah pelajaran yang abstrak. Dampak negatifnya hasil belajar menurun, masyarakat berpendapat bahwa hasil belajar bergantung pada IQ. Fenomena ini disebut underachiever dalam konteks psikologi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis yang menjadi penghambat proses belajar serta mengetahui cara menanggulangi peserta didik underachiever. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket. Jenis penelitian ini adalah Mixed Methode dengan tipe explanatory design pada follow-up explanations model. Hasil analisis menggunakan kuantitatif deskriptif dari hubungan pengaruh IQ dan hasil belajar peserta didik di dua sampel sekolah dan selanjutnya dijelaskan melalui hasil wawancara dan angket untuk aspek kualitatifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IQ dan hasil belajar peserta didik tidak selalu menunjukkan hasil yang positif, dibuktikan adanya 61 peserta didik underachiever dari penelitian ini, yang dipengaruhi oleh tingginya penetapan nilai KKM disetiap sekolah serta adanya faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi psikologis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulkarim, K. A., & Suud, F. M. (2020). Evaluation Of Madaris Curriculum Integration For Primary Muslim Education In Mindanao: An assessment of the influence of psychology. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 89-100.

Arfalah, S., Rosra, M., & Giyono, G. (2014). Studi Kasus Siswa Underachiever di SMP Negeri I KotaBumi Lampung Utara. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(3).

Astuti, S. P., Sumaryoto, & Suendarti, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia (Survei Pada Siswa SMA Swasta Di Kota Bekasi ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 260–266.

Djarwo, C. F. (2013). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 6(2), 90–97.

Gantiny, T. P., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Underachiever Siswa Sekolah Menengah Pertama. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 33-39.

Hariansyah, H. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Bermasalah. Persepsi: Communication Journal, 2(1), 20-34.

Jannah, M., Supratman, S., & Muhtadi, D. (2020). Kemampuan Penalaran Matematik Peserta Didik Underachiever Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 1-10.

Jayanti, E. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Di Kelas X SMA PGRI Indralaya. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 13-21.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).

Kanapathy, S., Hazir, N. M., Hamuzan, H. A., Menon, P., & Woon, Y. H. (2022). Gifted and Talented Students “ Underachievement ” and Intervention : A Case Study. 3(5), 114–122.

Khairani, I., & Rahmi, A. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mendiagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa Underachiever. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 126-132.

Kisworo, B., & Azizah, D. (2018). Pengintegrasian Materi Struktur Atom pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 99.

Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Marsudi, M. S. (2021). Penerapan Konseling Realita bagi Siswa Underachiever di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Tujuan dari pendidikan adalah membentuk peserta didik menjadi manusia social yang memiliki kompetensi akademik yang dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan . 7, 220–241.

Nwosu, K. C., Okoyoe, C. C., & Onah, U. H. (2016). An Interpretive Descriptive Study of Factors Affecting Academic Achievement of Underachieving Student Teachers in Nigeria. 21(2).

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88.

Qalam, A., & Ilmiah, J. (2022). Soal Hitungan Oleh : Heni Susanty Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Madrasah Alyah Negeri Kapuas Kabupaten Kapuas Abstrak. 16(6), 1929–1944.

Sari, D. K., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2020). Implementasi Kecerdasan Emosional dan Minat Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 40–47.

Sudarsana, D. (2019). Pengaruh Antara Stres Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Ix SMPN 2 Kemalang (The Influence Beetween Academic Stress And Learning Achievement Of Class IX SMPN 2 Kemalang). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(2), 204-207.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Susanty, H. (2022). Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929-1944.

Veronika, U., Winarti, A., & Almubarak, A. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Pada Materi Koloid Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 2(2), 63-70.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Susanti, S., Yulina, I. K., & Azizah, D. (2024). Analisis Underachiever Terhadap Hasil Belajar Dan IQ Peserta Didik Dalam Mempelajari Materi Kimia Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Cirebon. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 33–42. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.2731
Abstract Views: 84 | File Views: 83