Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Visual (SMART SPINNER)
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v7i2.850Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis visual (Smart Spinner) ini didasarkan pada kenyataan bahwa mayoritas guru Pendidikan Agama Islam masih cenderung menggunakan media gambar yang terdapat di buku maupun gambar yang berbentuk lukisan. Permasalahan hadir tatkala siswa mulai jenuh dan merasa monoton jika hanya terfokus pada gambar yang ada di buku dikarenakan sifatnya hanya satu arah.
Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini berupa media berbasis visual yaitu smart spinner yang terbuat dari bahan sederhana berupa triplek, kertas warna dan beberapa gambar yang ditujukan sebagai penguat materi. Adapun hasil uji coba media pembelajaran oleh ahli media pembelajaran dengan tingkat kelayakan media pembelajaran sebesar 75,7 %, dengan kualifikasi cukup. Uji coba perorangan ada peningkatan sebesar 15% setelah menggunakan produk media pembelajaran, uji coba kelompok kecil sebesar 13,8% dan uji coba lapangan sebesar sebesar 17%. Jadi dapat diambil kesimpulan akhir bahwa media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis visual bagi kelas X SMK Istiqlal Sidomulyo, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Borg, W.R. & M.D. Gall. 1983. Educational Research an Introduction. Fourth Edition. New York & London: Longman.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Shihab, M Quraish. 2009. Tafsir al-Misbah. Kairo : Lentera Hati.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.