Pengaruh Penerapan Metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Materi Tatacara Pengurusan Jenazah
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.603Keywords:
Metode Visualization, Auditory, Kinestetic, Hasil Belajar FiqihAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya pembelajaran Fiqih di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik kelas X MA Nurul Huda Sukaraja. Dilihat tingkat eksplanasi termasuk jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA dan X MAK MA Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t polled varian. Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil l belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik yang pembelajarannya menerapkan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang adalah sedang. Kedua: Hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik yang pembelajarannya menerapkan metode ceramah di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang adalah sedang. Ketiga: Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendikbud. 2016. Kurikulum Pembelajaran Fiqih Kurikulum 2013 Edisi 2016. Jakarta: Kemendikbud.
Madjid, Abdul. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurhasanah. 2010. Tipe-tipe Pembelajaran Invotif Kreatif. Semarang: Media Pustaka.
Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyanto. 2008. Model dan Metode Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Praya Media.
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.