Pengaruh Penerapan Metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Materi Tatacara Pengurusan Jenazah

Authors

  • Hasanudin Hasanudin
  • Mu’arif Mu’arif

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.603

Keywords:

Metode Visualization, Auditory, Kinestetic, Hasil Belajar Fiqih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya pembelajaran Fiqih di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik kelas X MA Nurul Huda Sukaraja. Dilihat tingkat eksplanasi termasuk jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA dan X MAK MA Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t polled varian. Sebagai   kegiatan   akhir   analisis  data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil l belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik yang pembelajarannya menerapkan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang adalah sedang. Kedua: Hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik yang pembelajarannya menerapkan metode ceramah di kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang adalah sedang. Ketiga: Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar Fiqih materi Tatacara Pengurusan Jenazah peserta didik kelas X MA Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Abu dan Suprijono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2016. Kurikulum Pembelajaran Fiqih Kurikulum 2013 Edisi 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Madjid, Abdul. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhasanah. 2010. Tipe-tipe Pembelajaran Invotif Kreatif. Semarang: Media Pustaka.

Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. 2008. Model dan Metode Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Praya Media.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Hasanudin, H., & Mu’arif, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Materi Tatacara Pengurusan Jenazah. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 120–128. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.603
Abstract Views: 1272 | File Views: 1162