Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.600Keywords:
Metode Drill, Hasil Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Ketercapaian tujuan Pendidikan Agama Islam merupakan tujuan akhir kegiatan pembelajaran. Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pendahuluan yang menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung kurang maksimal karena sistem pembelajaran berpusat pada guru sehingga peserta didik tidak dapat terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan berimplikasi pada pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini menawarkan metode Drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung. Simpulan penelitian yaitu Pertama: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung yang pembelajarannya menerapkan metode Drill memperoleh nilai kategori tinggi dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,40. Kedua: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung yang pembelajarannya menerapkan metode ceramah memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,69. Ketiga: Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat pengaruh penerapan metode Drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung.
Downloads
References
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offsed.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hawi, Akmal. 2008. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Excellen Publishing.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2012. Berbagai Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Azra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Suparno. 2008. Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Depdiknas.
Tu’u, Tulus. 2007. Pengembangan Teknik-teknik Penilaian Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.