Analisis Manajemen Pendidikan Multi Jenjang Sebagai Inovasi Manajemen Pendidikan Pesantren Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi

Authors

  • Mila Hanifah Universitas Negeri Jakarta
  • Rida Wardatul Saura Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Hanif Fadillah Universitas Negeri Jakarta
  • Valerina Rusmana Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Nathan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/4phpmy17

Keywords:

Pendidikan Multi Jenjang, Inovasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan multi jenjang adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dimana berbagai tingkatan pendidikan diselenggarakan secara bersamaan dan terorganisir dalam satu lingkungan sebagai inovasi manajemen pendidikan. Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi menjadi contoh nyata keberhasilan pelaksanaan pendidikan multi jenjang dalam satu manajemen yang terpusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dokumen yang berkaitan dengan topik penelitian. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan untuk memahami secara mendalam pelaksanaan pendidikan multi jenjang di pesantren sebagai inovasi dalam manajemen pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multi jenjang di pesantren ini diterapkan secara bertahap sebagai solusi atas kebutuhan pendidikan masyarakat dan alumni. Terdapat berbagai unit pendidikan yang lengkap, mulai dari RA/PAUD, MI, MTs, MA, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi (S1). Keberhasilan pelaksanaan manajemen ini didukung oleh peran kuat pimpinan pesantren, hubungan baik dengan masyarakat, alumni, dan pemerintah, serta tenaga pendidik yang kompeten. Meskipun demikian, terdapat faktor penghambat terkait keterbatasan sarana dan prasarana akibat meningkatnya jumlah santri setiap tahunnya. Namun, pesantren terus melakukan upaya pembangunan dan pengembangan untuk mengatasi hal tersebut. Pelaksanaan pendidikan multi jenjang di Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi merupakan bentuk inovasi manajemen pendidikan Islam yang patut dicontoh dalam mengembangkan pendidikan Islam yang efektif, holistik, dan berkelanjutan

References

Agusta A.R., & Hanum S. (2021). Inovasi Pendidikan (Nanda Saputra, M.Pd.) Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Al-Azhari, M. L. A. (2018). Manajemen Pendidikan Pesantren (Telaah Sistem Perencanaan, Pengelolaan dan Pelaksanaan Pendidikan Pesantren). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 12(1), 147-161.

Aulia, R. N., Narulita, S., Amaliyah, & Barnansyah, R. M. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren. Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama.

AZIS, A. A. (2022). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi).

Dzikrul Hakim, Nur Ahid, F. Z. Q. H. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan agama: antara sekolah, pesantren dan madrasah. 2(1), 72–79.

Fuad, R., & Iswantir. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pesantren Melalui Inovasi Kurikulum. Jurnal Hukum, Politik dan Ilmu Sosial (JHPIS), 3(2), 118-131.

Hadiono, A. F. (2016). Komunikasi Antar Budaya:(Kajian Tentang Komunikasi Antar Budaya Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi). Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 136-159.

Hasanah, N. (2020). Bentuk perjuangan Kh. Mukhtar Syafa’at Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tahun 1951-1991. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Jember.

Faizal, M., & Bahri, S. (2022). Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Nurmadiansyah, M. T. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren: Suatu Upaya Memajukan Tradisi. Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1).

Rizkia, nanda D., Jumanah, Sutoyo, M. A. H., Nolia, H., Fakhri, M. M., Bulutoding, L., Huda, N., Mahyuddin, M., Fahmi, A., Sari, R. P., Darmayasa, N., Murniati, S., Amruddin, Amalo, F., Faizal, M., & Bahri, S. (2022). Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed., pp.). In New York,: Vol. NY (p. The Free Press. Sim).

Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Tangerang Selatan: Yapin An- Namiyah.

Subekti, M. Y. A., & Fauzi, M. M. (2018). Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 99–100. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.554

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Analisis Manajemen Pendidikan Multi Jenjang Sebagai Inovasi Manajemen Pendidikan Pesantren Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 158-166. https://doi.org/10.30599/4phpmy17