Analisis Strategi Pengajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Pesantren Al-Azhar Muncar Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.30599/td92zs41Keywords:
Strategi Pengajaran, Tahfidz Al-Qur'an , PesantrenAbstract
Pendidikan tahfidz Al-Qur'an sangat penting untuk membentuk generasi muslim yang tidak hanya menghafal Al-Qur'an tetapi juga memahami dan mengamalkannya. Dalam hal ini, pesantren menjadi pusat utama pembelajarannya. Karena setiap guru memiliki kemampuan yang berbeda, strategi yang tepat diperlukan untuk proses menghafal. Metode seperti muraja'ah dan penggunaan teknologi mulai digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Pesantren Al-Azhar Muncar terlibat aktif dalam program tahfidz dan menggunakan berbagai metode pengajaran. Namun, belum ada penelitian yang menyeluruh tentang efektivitas metode tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengajaran khususnya tahfidz di Pesantren Al-Azhar Muncar serta dampaknya terhadap santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren menerapkan metode klasikal (talaqqi, takrir, dan mu'aradhah), selain itu dibantu dengan media pembelajaran visual, serta sistem evaluasi (ziyadah, murajaah, dan setoran hafalan). Strategi ini disesuaikan dengan minat dan kemampuan santri dan didukung oleh sistem manajemen pendidikan Islam yang terstruktur. Meskipun pada pelaksanaannya metode ini terdapat kekurangan yaitu tidak bisa digunakan pada ayat-ayat al-Qur'an yang panjang, pesantren tetap mempertahankan metode konvensional sebagai pendekatan utama. Hal ini terbukti mampu meningkatkan kualitas hafalan dan membentuk karakter Qur'ani para santri.
References
Barsihannor, B. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 7 (2), 26-52. http://103.180.95.17/index.php/moe/article/view/542
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
Hadi, S. (2024). Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1165-1174. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/480
Hidayah, H., Vriyatna, M., & Mak'ris, A. (2021). Teori Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Mumtaz, 1 (1), 44-52. https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/download/3/6
Ma’mun, S. (2019). Metode Tahfiz al-Qur’an Qur’ani (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Maya, R., & Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Islam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (02), 291-316. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/281
Nur, F. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1-10.
Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. 02, 793–800.
Pardede, O. B., Inriani, N., Caniago, D. D., & Siagian, G. M. (2022). Eksplorasi Gaya Belajar Literasi Siswa Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 319-327.
Rahendra, M., & Iko, L. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management, 01(02), 291–316. https://doi.org/DOI: 10.30868/im.v1i2.281
Rizal Safarudin, Z. M. K. N. S. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 9680–9694.
Pujianto, M. L., & Inayati, N. L. (2023). Implementasi Metode Bin-Nadzar Dalam Pembelajaran TahfidzDi SMPIT Ar-Rahmah Pacitan. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam.
Rofiatun Nafiah, M. d. (2022). Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Madrasah Quran Asrama Al-Umami. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faqih Fathul Ihsan, Kamila Rahma Shalehah, Annida Nur Alfi Laily, Virza Qurrota A’yun, Salsabila, Amanda Novia Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.