Analisis Strategi Pengajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Pesantren Al-Azhar Muncar Banyuwangi

Authors

  • Faqih Fathul Ihsan Universitas Negeri Jakarta
  • Kamila Rahma Shalehah Universitas Negeri Jakarta
  • Annida Nur Alfi Laily Universitas Negeri Jakarta
  • Virza Qurrota A’yun Universitas Negeri Jakarta
  • Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Amanda Novia Anwar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/td92zs41

Keywords:

Strategi Pengajaran, Tahfidz Al-Qur'an , Pesantren

Abstract

Pendidikan tahfidz Al-Qur'an sangat penting untuk membentuk generasi muslim yang tidak hanya menghafal Al-Qur'an tetapi juga memahami dan mengamalkannya. Dalam hal ini, pesantren menjadi pusat utama pembelajarannya. Karena setiap guru memiliki kemampuan yang berbeda, strategi yang tepat diperlukan untuk proses menghafal. Metode seperti muraja'ah dan penggunaan teknologi mulai digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Pesantren Al-Azhar Muncar terlibat aktif dalam program tahfidz dan menggunakan berbagai metode pengajaran. Namun, belum ada penelitian yang menyeluruh tentang efektivitas metode tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengajaran khususnya tahfidz di Pesantren Al-Azhar Muncar serta dampaknya terhadap santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren menerapkan metode klasikal (talaqqi, takrir, dan mu'aradhah), selain itu dibantu dengan media pembelajaran visual, serta sistem evaluasi (ziyadah, murajaah, dan setoran hafalan). Strategi ini disesuaikan dengan minat dan kemampuan santri dan didukung oleh sistem manajemen pendidikan Islam yang terstruktur. Meskipun pada pelaksanaannya metode ini terdapat kekurangan yaitu tidak bisa digunakan pada ayat-ayat al-Qur'an yang panjang, pesantren tetap mempertahankan metode konvensional sebagai pendekatan utama. Hal ini terbukti mampu meningkatkan kualitas hafalan dan membentuk karakter Qur'ani para santri.

 

References

Barsihannor, B. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 7 (2), 26-52. http://103.180.95.17/index.php/moe/article/view/542

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. (2024). Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1165-1174. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/480

Hidayah, H., Vriyatna, M., & Mak'ris, A. (2021). Teori Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Mumtaz, 1 (1), 44-52. https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/download/3/6

Ma’mun, S. (2019). Metode Tahfiz al-Qur’an Qur’ani (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Islam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (02), 291-316. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/281

Nur, F. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1-10.

Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. 02, 793–800.

Pardede, O. B., Inriani, N., Caniago, D. D., & Siagian, G. M. (2022). Eksplorasi Gaya Belajar Literasi Siswa Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 319-327.

Rahendra, M., & Iko, L. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management, 01(02), 291–316. https://doi.org/DOI: 10.30868/im.v1i2.281

Rizal Safarudin, Z. M. K. N. S. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 9680–9694.

Pujianto, M. L., & Inayati, N. L. (2023). Implementasi Metode Bin-Nadzar Dalam Pembelajaran TahfidzDi SMPIT Ar-Rahmah Pacitan. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam.

Rofiatun Nafiah, M. d. (2022). Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Madrasah Quran Asrama Al-Umami. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Analisis Strategi Pengajaran Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Pesantren Al-Azhar Muncar Banyuwangi. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 142-147. https://doi.org/10.30599/td92zs41