Paradigma Pendidikan Islam Integral dan Harmonis Dalam Transformasi Digital Studi Analisis Pemikiran Muhammad Natsir

Authors

  • Shindid Gunagraha Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Baidi Baidi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/b55dzf67

Keywords:

Pendidikan Islam, Integral, Harmonis, Transformasi Digital, Muhammad Natsir

Abstract

Fenomena transformasi digital dalam dunia pendidikan menghadapi tantangan serius berupa sekularisasi ilmu, fragmentasi kurikulum, dan dikotomi ilmu agama dan umum. Ketimpangan dalam aspek ilmu agama dan umum, melemahnya nilai-nilai spiritual dan intelektual pada sistem pendidikan menjadi problem krusial. Muhammad Natsir, sebagai tokoh pendidikan dan pemikir Muslim Indonesia, menawarkan solusi dengan konsep pendidikan yang menyatukan dimensi spiritual dan intelektual, yang berpijak pada nilai tauhid sebagai landasan utama. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi paradigma pendidikan Islam yang integral dan harmonis berdasarkan pemikiran Muhammad Natsir serta relevansinya di era transformasi digital. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research) terhadap karya-karya dan pemikiran Muhammad Natsir. Hasil penelitian ditemukan bahwa paradigma pendidikan ala Muhammad Natsir mampu menghilangkan dikotomi ilmu melalui  pendekatan integral dan harmonis dalam mengembangkan pendidikan Islam yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital tanpa kehilangan nilai-nilai keislaman. Penelitian merekomendasikan revitalisasi konsep pendidikan Islam dalam bentuk implementasi pembelajaran yang menjawab tantangan zaman melalui pemikiran M. Natsir dalam pendekatan pendidikan yang integral dan harmonis.

 

References

’Ulumuddin, I. (2016). Demokrasi Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Natsir dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Maraji: Jurnal Studi Ke IslamanIslaman, 2(2).

Agustian, T. (2020). Demokrasi Islam dalam Pandangan Muhammad Natsir dan Muhammad Abid Al-Jabiri. EL-Ghiroh, 18(01), 7–24. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v18i01.158

Aslan, A. (2018). Dinamika Pendidikan Islam di Zaman Penjajahan Belanda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1), 39–50. https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1024

Badjuber, A. K., Assad, A. S., Ramadhan, H. N., Sitorus, H. S., Mardjoned, H. R., Habudin, I., Arifin, J., Hakiem, L., Nasar, M. F., Maqsudi, M. N., Agusdin, M. S., & Mahendra, Y. I. (2017). Pendiri dan Pemimpin Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (A. Siswanto & A. P. Ismail (eds.); 1st ed.). Sinar Media Abadi.

Damanik, A. (2018). Pemikiran Politik Isam Indonesia oleh Muhammad Natsir. Yurisprudentia, 4(2), 214–226.

Firdaus. (2020). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Muhammad Natsir. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 15–25. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).4272

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian filosofis, teoritis dan aplikatif (1st ed.). CV. Literasi Nusantara.

Hasanah, U., & Mufarohah, S. (2024). Muhammad Natsir ’ s Thoughts on the Formation of the Basis of the State in the Constituent Assembly in 1956-1959. Jurnal El Tarikh: Journal of History, Culture and Islamic Civilization, 05(02), 135–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/jhcc.v5i2.21469

Hasibuan, I. M., Widad Mazaya, N., & Sari, M. (2023). Educational Concepts from Mohammad Natsir’s Perspective and Its Relevance to Education in Indonesia. At-Tasyrih Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 9(1), 273–282.

Herdi, A., & Abdurrahman, I. (2024). Integrated Islamic and General Education: A Study on the Integrative Education Thought of Mohammad Natsir. Kedjati Journal: Journal of Islamic Civilization, 1(1), 51–64.

Hoddin, M. S. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 15–30.

Ishak, M. S. B. H., & Solihin, S. M. (2015). Integrated education: a study on the Islamic educational thought of Mohammad Natsir. IIUM Journal of Educational Studies, 1(3), 5–20.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis An Introduction to Its Methodology (M. H. Seawell (ed.); 2nd ed.). SAGE Publications.

Mashudi. (2016). Implementasi Pemikiran Pendidikan Islam Integral Muhammad Natsir Di Indonesia. Studia Didkatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 118–129.

Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik Dalam Perspektif M. Natsir (Studi Analitis Pemikiran Pendidikan M. Natsir dalam Fiqhud Dakwah). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3207

Mislaini. (2017). Pemikiran Muhammad Natsir tentang Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Natsir, M. (1961). Capita Selecta Jilid 2 (II). Sumup Bandung.

Permatasari, D. Y. (2017). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Historis-Kronologis). Falasifa, 8(2), 223–240.

Sarnoto, A. Z. (2019). Dinamika Pendidikan Islam (I). PTIQ Press.

Selamat, K. (2020). Integral-Universal Education: Analysis of M. Natsir’s Thoughts on Islamic Education. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(2), 101–116. https://doi.org/10.29240/ajis.v5i2.1816

Setyawan, E. (2024). Pemikiran Muhammad Natsir Tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Tawadhu, 8(1), 71–81.

Sudaryo, A. (2023). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.1

Utomo, A. W., & Dartim. (2020). Konsep Pendidikan Islam Integralistik: Studi Pemikiran Buya Hamka dan Mohammad Natsir. ISEEDU, 4(2), 273–292.

Yulisniawati, Saiman, M., & Melay, R. (2015). Role in Developing the Concept Muhammad Natsir Islamic Education in Indonesia 1932-1942. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Paradigma Pendidikan Islam Integral dan Harmonis Dalam Transformasi Digital Studi Analisis Pemikiran Muhammad Natsir. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 126-133. https://doi.org/10.30599/b55dzf67