Kajian Literatur: Analisis Nilai-Nilai P5 Pada Bahan Ajar PAI Kelas 1 SD

Authors

  • Ahmad Fauzi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • M. Khotibul Umam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wasehudin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Utang Ranuwijaya Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30599/q62j0909

Keywords:

Literatur, Nilai-Nilai P5, Buku Ajar, PAI

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan  nilai yang terdapat pada kurikulum merdeka atau Profil  Pelajar Pancasila atau (P5) pada buku PAI dan budi pekerti kelas 1 SD yang diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai  Pustaka Mandiri, Solo yang diterbitkan tahun 2022, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research) dalam penyajiannya data bersifat deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan hasil analisis buku ajar PAI menghasilkan dan memuat secara global pada sumber belajar atau buku ajar Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD terbitan tahun 2022 mengandung nilai-nilai profil pelajar Pancasila (P5) yaitu memuat enam dimensi pada nilai profil pelajar Pancasila yakni (1)beriman kepada Tuhan yang maha Esa dimana pada dimensi ini meliputi 

References

Al-ghazali, I. N. P., Kitab, D., Walad, A., Dalam, P., Merdeka, K., Pendidikan, J., Islam, A., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2024). Inkorporasi nilai-nilai pendidikan al-ghazali dalam kitab ayyuhal walad dan nilai-nilai pendidikan dalam kurikulum merdeka.

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912. http://repository.unpas.ac.id/64678/

Aulia, M. H., Fakhruddin, A., & Surahman, C. (2024). Pemetaan capaian pembelajaran dan materi ajar pai dan budi pekerti elemen al-quran dalam kurikulum merdeka. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1(20), 103–117.

Banjit, S. (2025). A b s t r act. 1(1), 90–107.

Direktorat KSKK, M. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Gani, A., & Oktavani, M. (2024). Pendidikan Agama Islam : Fondasi Moral Spiritualitas Bangsa. 11(3), 289–297.

Khusnuniyati, U. (2024). Implementasi Pembelajaran Al Qur an Hadist Berbasis Kurikulum Merdeka. Skripsi, 12(2), 117–125.

Menanamkan, D., & Pancasila, N. P. (2025). Evaluasi Penerapan Program P5 penting untuk memastikan bahwa tujuan utama dari program ini tercapai . Evaluasi ini melibatkan. 2(2), 1–14.

Nasution, J. E., Mansur, A., & Bakar, A. (2024). Al-Mutharahah : 21(01), 552–568. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.

Noor, I. H., Izzati, A., & Azani, M. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 7(1), 30–47. https://doi.org/10.23917/iseedu.v7i1.22539

Pai, P., Mencetak, U., & Pelajar, P. (2024). Memberdayakan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pai untuk mencetak profil pelajar pancasila. 4(20), 822–836.

Pancasila, P., Di, P., Insan, S., Astarina, E. A., Ma, S., & Malang, A. (2022). Internalizing the Values of Islamic Religious Education Through Strengthening the Pancasila Student Profile Project ( P5 ) at SDIT Insan Permata , Malang City. 2(1), 12–21.

Pratama, R. T., Hasanah, N., Syawaludin, S., Nizar, N., Mustafiyanti, M., Agama, I., & Qur, I. A.-. (2024). Praktek Pembuatan Konsep P5 Dalam Kurikulum PAI Menurut Zuhairini pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah memiliki dasar yang dapat ditinjau dari berbagai segi : kepustakaan ( library research ) yaitu sekumpulan kegiatan yang berkaitan dengan metode. 2(2).

Putri, R., & Ramadan, Z. H. (2024). Strategi guru dalam menerapkan P5 tema gaya hidup berkelanjutan kelas 1 di sekolah dasar. Featured Research 118 SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 9(1), 118–126. https://doi.org/10.23916/084454011

Rizal, B., Arifudin, Y. F., & Mansyur, M. H. (2024). Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sdn Pasirkamuning I …. Pendas: Jurnal Ilmiah …, 7. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13444%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/13444/6094

Rusmiati, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Sikap Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1706–1721. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.951

S, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 494–502. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.142

Suronoto, N. K. Y. urhanudin A. K. M. (2024). Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam Korelasi Pengembangan Bahan Ajar PAI Dengan Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam. 06(3), 401–414.

Ulwiyah, A., & Ilahiyah, I. I. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Untuk Menumbuhkan Sikap Sosial Peserta Didik di SMKN 1 Jombang. 3(April), 36–44.

Umam, M. I., & Merdeka, K. (2024). Pelajar Pancasila ( P5 ) Pada Kurikulum Merdeka Studi Kasus Di SDN 05 Pagi. 7(3), 12528–12532.

.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Kajian Literatur: Analisis Nilai-Nilai P5 Pada Bahan Ajar PAI Kelas 1 SD. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 134-141. https://doi.org/10.30599/q62j0909