Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadist di MA Mirqotul Ulum Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.30599/5r4ey390Keywords:
Kurikulum Merdeka, Al-Qur’an Hadist, MA Mirqotul UlumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Mirqotul Ulum. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengungkap proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah berjalan melalui tahapan yang sistematis, meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru, sarana prasarana, serta kesulitan dalam pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen autentik. Di sisi lain, faktor pendukung seperti kolaborasi guru, dukungan kepala madrasah, keterlibatan orang tua, serta semangat guru dalam mengembangkan kompetensi turut memperkuat pelaksanaan kurikulum. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang kontekstual, fleksibel, dan berpusat pada peserta didik.
References
Abdiyantoro, & Restu. (2024). Modifikasi Kurikulum 2013 di Era dan Pasca COVID-19: Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(3), 24–28. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i3.311
Abidin, Khoirul, M., & Achadi, W. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu di Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 151-163. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5860
Achjar, Henny, A., & et al. (2023). Metode penelitian kualitatif: Panduan praktis untuk analisis data kualitatif dan studi kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aini, Nur, D., Bakhri, M., & Dina, B. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Merdeka Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Islam Almaarif Singosari. Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(2), 51–64.
Allutfia, Fadila, T., & Setyaningsih, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Academy of Education Journal, 14(2), 326–338. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1656
Arsyad, Sulfemi, B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662
Baruta, & Yusuf. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. P4I.
Daradjat, Z. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Darwin, David, Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen pembelajaran bahasa dalam kurikulum merdeka belajar pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25–36. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8639
Farida, & Siti. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. 198-207, 1(1), 198–207. https://doi.org/10.35127/kabillah.v1i1.1
Habibah, Maimunatun, & Nurhidin, E. (2023). Profil Pelajar dalam Kurikulum Merdeka Madrasah di Era VUCA." Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman. 13(2), 211–230. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.4061
Holeng, & Feriderieks. (2023). Kiprah kepala sekolah, mutu guru, proses pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran untuk mutu sekolah. CV. SARNU UNTUNG.
Magdalena, Ina, Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2 (2nd ed., Vol. 3).
Mardiana, & Emmiyati. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran: Evaluasi dan pembaruan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 121–127. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127
Moleog, & Lexy, J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif.
Mulyono, & Rahmat. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Nawawi, Ipnu, R., Widodo, R., & Elpayuni, N. (2024). Jenis-Jenis Perencanaan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 231–240. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19854
Nurfadillah, Annisa, & Albina, M. (2025). Pendidikan Islam Inklusif Multikulutural dalam Perspektif Al Quran di Madrasah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2822–2827.
Ramadhan, & Iwan. (2024). Strategi sekolah menengah pertama dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Academy of Education Journal, 15(1), 250–257. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2162
Ramdhani, & Rachmat, H. (2017). Efektivitas Metode Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hiragana: Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas X SMAN 22 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sapura, Septia Irnanda, & et al. (2024). Kontribusi Pendidikan Multikultural terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.921
Saputri, Hera, A., & et al. (2024). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 681–872. https://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3468
Sari, Meiliya, R., Soraya, I., & Kurjum, M. (2025). Transformasi Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar: Implementasi Model Assure untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di SD Siti Amina Surabaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(3), 1159–1164. https://doi.org/1159-1164.10.29303/jipp.v10i2.3331
Setiyowati, Ester, P., & Yonatan, A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57
Sugiarto, & Eko. (2017). Kearifan ekologis sebagai sumber belajar seni rupa: Kajian ekologi-seni di wilayah pesisir Semarang. Jurnal Seni, 11(2), 135–142. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i2.12815
Supriatna, Eka, Dhuhani, M., & Ahyani, E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Prestasi Siswa: Pendekatan Manajemen Pendidikan yang Efektif. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 157–168.
Thalib, & Anwar, M. (2022). Pelatihan teknik pengumpulan data dalam metode kualitatif untuk riset akuntansi budaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 44–50.
Wahyudi, Imam, & et al. (2024). Tantangan dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 97–105. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i2.710
Warsihna, Jaka, & et al. (2023). Tantangan dan strategi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang SD: Sebuah temuan multi-perspektif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296–311.
Zulaiha, Siti, Meisin, & Meldina, T. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saiful Saiful, Imam Bukhori, Siti Maryam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.