Literasi Pemahaman Agama Islam Di Era Disrupsi: Analisis Model Flipped Learning Dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30599/vczw0p26Keywords:
Literasi, Era Disrupsi, Model Flipped LearningAbstract
Literasi pemahaman agama Islam di era disrupsi mengalami tantangan serius akibat kemajuan teknologi dan perubahan gaya belajar peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis model flipped learning sebagai alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang relevan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, yang melibatkan penelusuran dan seleksi artikel ilmiah dari Google Scholar dan Scopus. Hasil kajian menunjukkan bahwa model flipped learning mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif, mandiri, dan kontekstual, yang mana peserta didik dapat memahami materi keagamaan secara lebih mendalam dan aplikatif. Model ini juga menempatkan guru sebagai fasilitator dan mendorong kolaborasi antar peserta didik melalui media digital. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa flipped learning berpotensi menjadi strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan literasi pemahaman agama Islam, sekaligus menjawab tantangan pembelajaran PAI di era disrupsi secara adaptif dan transformatif.
References
Al Muntazor, H. G. (2024). Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. In Pascasarjana UPIQ Jakarta (Vol. 15, Issue 1).
Alali, R. A. (2020). Effectiveness of a Proposed Program in Developing Practices and Modifying Beliefs of Practitioner Teachers About the Flipped Classroom. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020919775
Albeha, M., Fernandes, S., Mesquita, D., Seabra, F., & Ferreira-Oliveira, A. T. (2020). Graduate Employability and Competence Development in Higher Education—A Systematic Literature Review Using PRISMA. Sustainability, 12(5900), 1–27.
Alfurqan, Fakhruddin, A., Narulita, S., & Handrianto, C. (2024). Fostering self-regulated learning skills through flipped learning strategy projects: an exploration of pre-service teachers’ experiences in Indonesia. Perspektives of Science & Education, 72(6), 154–170. https://doi.org/10.32744/pse.2024.6.10
Ali, S., Nijo, & Wahab, A. (2024). Ideas for the prophet Muhammad SAW’S learning revolution: its relevance towards the humanism-religious basis of 21st century learning concepts. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 310–322.
Alkandari, K., & Alabdulhadi, M. (2023). Promoting Self-Regulation Skills Among Pre-Service Islamic Studies Teachers Through Project-Based Learning Utilizing a Flipped Learning Strategy. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(5), 74–100. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.5.4
Asriani, Nurdin, & Askar. (2024). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 1(1), 89–101. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.37
Baniyah, Aziz, A., & Laili, N. (2023). Flipped Learning Model as a Solution for Implementing Islamic Religious Education (PAI) Learning in The 21st Century. Journal of Research in Islamic Education, 5(2), 105–117. https://doi.org/10.25217/jrie.v5i2.4277
Bariroh, V., & Setiawan, A. C. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1245–1256.
Dalimunthe, D. S., & Pohan, I. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 175–190. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.557
Dinter, R. van, Tekinerdogan, B., & Catal, C. (2021). Automation of systematic literature reviews: A systematic literature review. Information and Software Technology, 136(October 2020), 106589. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2021.106589
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim Indonesia. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149–156. https://doi.org/10.56854/sasana.v3i1.382
Güzel, O., Vizuete-Luciano, E., & Merigó-Lindahl, J. M. (2025). A systematic literature review of the Pay-What-You-Want pricing under PRISMA protocol. European Research on Management and Business Economics, 31(1). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2024.100266
Hadi, M. S., & Hamid, A. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning Pai Sebagai Solusi Model Pembelajaran Abad 21. Quality, 8(1), 149–164.
Handayani, A. F., Masyitoh, I. S., & Wahab, A. A. (2023). Implementing Blended Learning in Civics Education in Forming 21st Century Skills. ACEC, 30–38. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_5
Harie, Y., Gautam, B. P., & Wasaki, K. (2023). Computer Vision Techniques for Growth Prediction: A Prisma-Based Systematic Literature Review. Applied Sciences (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/app13095335
Himayah. (2021). Penguatan Literasi Islam Dalam Pendidikan Dasar. Al Urwatul Wustqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 29–37.
Hosaini, Qomar, M., Fitri, A. Z., Akhyak, & Kojin. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 8(3).
Imroatun, Bastian, A. B. M., Imoy, S., Pandini, D. F., & Santoso, F. S. (2024). Pengenalan Literasi Keagamaan Melalui Metode Kreatif Dan Interaktif Untuk Anak Usia Dini. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(2), 137–150.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493
Kurdi, M. S. (2023). Urgensitas Pendidikan Islam Bagi Identitas Budaya (Analisis Kritis Posisi Efektif Pendidikan Sebagai Pilar Evolusi Nilai, Norma, Dan Kesadaran Beragama Bagi Generasi Muda Muslim). IJRC: Indonesian Journal Religious Center, 01(03), 169–189.
Mahmudi, M. A. (2024). Integrating Technology In Islamic Religious Education: Echaning Engagement And Learning Outcomes. E-Science Humanity Journal, 4(2). https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.173
Mustapa, K., Gagaramusu, Y. B. M., Palandi, E. H., Syakhrani, A. W., & Towpek, H. (2023). Technology-Enhanced Education: Nurturing the Digital Generation-Experiences in Islamic Schools in Indonesia. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 1(1), 16–40.
Nofriansyah, K., Zuhdiyah, Z., & Syarifudin, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 58–64. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.15175
Nugraha, T. C., Rahim, E. S. E. S. A., & Lukman, F. (2024). Integrating Problem-Based and Flipped Learning in Islamic Religious Education: a Pathway To Achieving Sustainable Development Goals. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 125–136. https://doi.org/10.15575/jpi.v10i1.35204
Nurhijrah, N. (2023). Pengembangan Flipped Classroom sebagai Model Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Media TIK: Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 6(1), 72–75. https://doi.org/10.59562/mediatik.v6i1.1363
Padang, M. (2025). Efektivitas Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Digital. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK), 3(1), 75–82.
Puspitasari, N., R, L. R., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565
Putri, K. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Flipped classroom untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Mata Pelajaran PAI. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 3(1), 22–28.
Ratnasari, K. I., Melinda, V. A., & Nafiah, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classraoom dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Auladuna, 53–54.
Rismana, N., & Hernawati, S. (2025). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Rohiman, I., Miftah, A., & Thoyyar, H. (2025). Pengaruh Metode Flipped Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 414–425.
Sabrina, A. (2024). Implementasi Literasi Informasi Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kota Agung. In UIN Raden Intan Lampung.
Setiawan, S. A. (2024). Tantangan Guru PAI Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPMI: Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 2657–2664.
Silfiya, & Siagian, I. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan Tanpa Menghilangkan Nilai- Nilai Sosial. Journal on Education, 07(01), 2554–2568.
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492
Sinambela, S. M., Lumbantobing, J. N. Y., Saragih, M. D., Mangunsong, A. F., Nisa, C., Simanjuntak, J. P., & Jamaludin Jamaludin. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003
Sjafei, I. (2022). Flipped Learning Sebagai Bentuk Pembelajaran Blended di Era Digital (Suatu Tinjauan Konseptual). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(June), 325–337. https://doi.org/10.2307/j.ctt1tg5hw3.15
Sofianah, M. D., & Sholihah, M. (2024). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 774–790.
Sonia, N. R. (2022). Model Flipped Classroom: Alternatif Pembelajaran Di Era New Normal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 25–42. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p109
Subagio, A., & T, A. Y. (2024). Analisis Kebutuhan Sumber Daya Dan Infrastruktur Dalam Pengembangan Rencana Pengelolaan Sekolah Yang Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3).
Subkan. (2023). Implementation of The Flipped Classroom Learning Model With The Assistance of Interactive E-Books To Improve Science Literacy Competence Vector Material. Jurnal Diklat Keagamaan, 16(7), 21–32. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389
Suhartono, Suherman, Lumamuly, P. C., Sahertian, N. L., Joseph, L. S., Aralaha, R., Tarumasely, Y., & Suheri. (2021). A Theoretical Study: The Flipped Classroom Model As An Effective And Meaningful Learning Model In Multiple Era. Psychology and Education Journal, 58(1), 4811–4820. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1642
Thohir, M., Ma’arif, S., Junaedi, Huda, H., & Ahmadi. (2021). From disruption to mobilization: Ire teachers’ perspectives on independent learning policy. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 359–373. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39540
Wakifah, Fatimah, & Sulistiawati, M. (2023). Optimization of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Islamic Education towards the Era of Society 5.0. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(2), 55–63. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750
Widiastuti, N., Pujianti, E., & Setyaningsih, R. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Ke-Islaman Metode Pembelajaran PAI. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Xiao, Y., & Watson, M. (2017). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 1–20. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971
Yusof, M. F. M., Romliii, N., Bhariiii, A., Khalidv, M. M., & Yaakob, M. A. Z. (2024). Potential for Improving the Implementation of Agricultural and Livestock Waqf : a Systematic Literature Review ( Slr ). Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studiea, 33(3), 175–185.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. PJPI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Balqisa Ratu Nata, Evi Fatimatur Rusydiyah, Ali Mohtarom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.