Kajian Dasar Teologi Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Masyarakat Berakhlak Mulia melalui Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30599/f9fzey06Keywords:
Teologi Pendidikan, Akhal Mulia, Keragaman BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis landasan teologis pendidikan Islam dalam membentuk masyarakat yang bermoral mulia. Fokus utamanya adalah menggali peran teologi dalam reformasi pendidikan Islam agar tetap relevan terhadap tantangan zaman dan dinamika sosial. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi pustaka dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teologi pendidikan Islam, yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis, memberikan fondasi filosofis yang kuat dalam pembentukan karakter, akhlak mulia, serta penguatan spiritualitas umat. Teologi tidak hanya mencakup aspek kognitif, tetapi juga dimensi moral dan spiritual yang membentuk kepribadian peserta didik secara utuh. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya penerapan prinsip-prinsip dasar Islam, seperti konsep tauhid dan nilai-nilai universal Islam, dalam memperkuat hubungan antaragama dan membangun masyarakat yang harmonis dan adil di era globalisasi. Keunikan studi ini terletak pada upayanya menjawab tantangan zaman dan keberagaman budaya melalui pendekatan teologis dalam pendidikan. Dengan demikian, teologi pendidikan Islam diharapkan menjadi instrumen strategis dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga unggul secara moral dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
References
Adam, M., Alwi, M., & Ilham, M. (2022). Konsepsi Ketuhanan Dalam Diskursus Teologi Islam. J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 7(1). Https://Doi.Org/10.35329/Jalif.V7i1.2880
Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Qomarudin, M. (2022). Pai Dan Radikalisme. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2). Https://Doi.Org/10.30599/Jpia.V9i2.1709
Dwifani, M. (2023). Peran Moralitas Dalam Agama Menurut Immanuel Kant : Perspektif Kritis Terhadap Etika Religius. Filsafat.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1). Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.38075
Hardiyati, M. (2019). Pendidikan Perspektif Al-Quran ( Studi Tafsir Tarbawi Karya Ahmad Munir ). Jurnal Penelitian, 13(1).
Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi Dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i5.6150
Muh. Subhan Ashari. (2020). Teologi Islam Persepektif Harun Nasution. An Nur: Jurnal Studi Islam, 12(1). Https://Doi.Org/10.37252/An-Nur.V12i1.82
Muhammad Ali Masduki, D. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El-Shirazy Dan Relevansinya Terhadap Materi Pendidikan Islam. Al I‟Tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8(No. 1).
Parangrangi, T. (2014). Tauhid Sebagai Essensi Ajaran Islam. Al-Munzir, 7(2).
Rebeca, R., Rizky Rindi Adelia, Amira Mufidah Harahap, Syifa Nurahma Saragih, & Suryani, I. (2023). Dasar Teologis Pendidikan Islam. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2). Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.1103
Shah, S. F., Ghazi, S. R., Din, M., Shahzad, S., & Ullah, I. (2015). Quality And Features Of Education In The Muslim World. Universal Journal Of Educational Research, 3(4). Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2015.030401
Syukri, A., Frarera, A. N., Nurhaliza, S., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2023). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Dunia Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 6(1).
Wang, V. C. X. (2011). Encyclopedia Of E-Leadership, Counseling And Training. In Encyclopedia Of E-Leadership, Counseling And Training (Vol. 1). Https://Doi.Org/10.4018/978-1-61350-068-2
Zaini, A. (2022). Modernizing Islamic Education In The Most Populated Muslim World. Journal Of Indonesian Islam, 16(1). Https://Doi.Org/10.15642/Jiis.2022.16.1.175-196
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Rahman Hakim, Adang Hambali, Andewi Suhartin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.