Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Waru Sidoarjo

Authors

  • Febby Eka Putri Saiful Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Masfufah Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
  • Amir Bandar Abdul Majid Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/7xq5em04

Keywords:

Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui proses penyelesaian masalah yang nyata dan kompleks. Penelitian ini berlatar belakang di SMAN 1 Waru Sidoarjo. Ketika proses pembelajaran di kelas, banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dan mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam implementasi pembelajaran berbasis masalah dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di SMAN 1 Waru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait perencanaan dan pelaksanaan Problem Based Learning. Pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar antara lain relevansi, variasi dalam metode pengajaran, memberikan motivasi, mengajak siswa tidak hanya berfikir materi yang ada dibuku saja. Peran guru PAI dalam implementasi Problem Based Learning sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa dalam proses pemecahan masalah, menyediakan sumber belajar dan mendorong kolaborasi antar siswa. Minat siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah antara lain mereka lebih kritis dan mereka lebih semangat dalam menggali permasalahan disekitar mereka. Siswa banyak yang menunjukkan minat yang besar dalam mencari informasi dari berbagai sumber seperti buku, artikel atau internet, minat siswa dalam diskusi dan kerja kelompok juga meningkat

References

A.M Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013, Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud., 1(2), 56. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf

Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Qomarudin, M. (2022). PAI dan Radikalisme. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 83–91. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1709

Efendi, A. (2019). Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Al-Muttaqin Patrang Jember. Fenomena, 18(1), 177–198.

Fitri Rohdianti, Sholeh Hasan, & Muhamad Ikhsanudin. (2023). Peran Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 06–14. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1847

Herlina. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Implementasi Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2023), 142–147.

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional (C. R. Zahara (ed.)). Syiah Kuala University Press, Banda Aceh.

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358.

Laily, F., & Sugiana, A. (2020). Kesadaran Beribadah Shalat Dzuhur Siswa Kelas X IPS dan Upaya Meningkatkannya di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Journal of Islamic Education Research, 1(02), 57.

Legiman. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL) Pada Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan, 1–10.

Maweddeh. (2023). PenerapanModel Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat BElajar Siswa pada Mapel PAI. Global Education Trends, 1(2), 1231–1238.

Muamalah, I., Suhardi, Hamdan, Said, M., & Yusuf, M. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Putri, D. J., Angelina, S., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Kecamatan Larangan Tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 5(9), 49–53.

Sanjaya, W., Ikhsanudin, M., & Sodikin, A. (2022). Peran Komunkasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 42–51. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1467

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255–2262.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 (2017th ed.). Kampus UNY Karangmalang, Yogyakarta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Surya, L., & Fitriana, N. (2023). Peran Guru PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Wiratama Mandala Kabupaten Tanggamus. ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 01(01), 52–58.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Peoblem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. In Buku. Grup Penerbitan CV Budi Utama, Yogyakarta.

Zulaeha. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learnin g Di Kelas VIIIA SMPN 19 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 221–232.

Downloads

Published

2025-02-09

How to Cite

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Waru Sidoarjo. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 15-22. https://doi.org/10.30599/7xq5em04