Asesmen Pembelajaran PAI(Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Pengetahuan Psikomotor) Kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo

Authors

  • Feri Riski Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Muslih Qomarudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Ali Kuswadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Marlina Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/v0f03006

Keywords:

Asesmen, PAI, Psikomotorik, Teknik, Instrumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teknik dan instrumen asesmen ranah psikomotor dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada asesmen yang tepat, yang tidak hanya menilai aspek kognitif dan afektif, tetapi juga psikomotor sebagai cerminan keterampilan fisik peserta didik. Penelitian ini membahas berbagai teknik penilaian psikomotor, seperti tes performa, produk, proyek, dan portofolio. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan analisis deskriptif terhadap berbagai sumber akademik. Hasil kajian menunjukkan bahwa asesmen psikomotor harus mencakup aspek persepsi, kesiapan, keterampilan, dan refleksi tindakan. Instrumen seperti daftar cek, skala penilaian, dan catatan kejadian dapat digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik secara objektif. Dengan asesmen yang tepat, pendidik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta memastikan pencapaian kompetensi secara menyeluruh.

References

Anas, Mahmud. 2010. Tes Profesi STAN, Malang: BookST.

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Haryati, M. (2007). Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada.

Ismet, Basuki, & Haryanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Jihad, A., & Haris Abdul. (2008). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo.

Ketut Sukradi, D. (1994). Penggunaan Tes Dalam Konseling Karir. Usaha Nasional.

Mulyadi. (2010). Evaluasi pendidikan: pengembangan model evaluasi pendidikan agama di sekolah. UIN-Maliki Press.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Cet.V). BPFE-Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Bab VI Mekanisme Penilaian. (n.d.).

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014. (n.d.).

Riski Dinata, F., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen Pendidikan Kepala Sekolah Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu. In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 2).

Riski Dinata, F., Manan, A., & Novianti, D. D. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Suasana Disiplin Kerja Tenaga Guru di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu. In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 5).

Riski Dinata, F., & Novianti, D. (2020). Manajemen Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Bumi Agung. In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 4).

Rizema Putra, S. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja (Cet. I). Diva Press.

Sudijono, A. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan . PT. Raja. Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Insan Madani.

Wahyu Pinilih, F., Budiharti, R., Yusliana Ekawati Pendidikan Fisika, E., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran IPA Untuk Siswa SMP (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Asesmen Pembelajaran PAI(Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Pengetahuan Psikomotor) Kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33-41. https://doi.org/10.30599/v0f03006