Pengaruh Model Pembelajaran Pre Experimental Berbasis Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Di Kelas V SD Negeri Sumber Gayam
DOI:
https://doi.org/10.30599/k8gkvm52Keywords:
Macromedia Flash, Membaca Cepat, Pembelajaran InovatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak model pembelajaran pra-eksperimental berbasis Macromedia Flash terhadap kecepatan membaca siswa kelas lima di SD Negeri Sumber Gayam. Membaca cepat adalah kompetensi penting bagi siswa kelas lima SD yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konten, tetapi juga mendukung keberhasilan akademis secara keseluruhan. Namun, banyak siswa kesulitan meningkatkan kemampuan ini karena metode pengajaran yang terbatas dan kurangnya sumber belajar interaktif. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest dengan metodologi kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kelas lima yang dipilih menggunakan teknik sampling lengkap. Data dikumpulkan melalui observasi, ujian esai 15 item, dan kuesioner, serta dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, dan T Sampel Berpasangan menggunakan SPSS versi 23. Hasil uji validitas menunjukkan semua item valid (nilai Sig. < 0,05), dan reliabilitas instrumen dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,978 menunjukkan konsistensi yang luar biasa. Statistik pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi siswa setelah penerapan Macromedia Flash, dengan skor rata-rata pretest 0-3 meningkat menjadi 3-5 pada posttest. Paradigma pembelajaran berbasis teknologi ini terbukti meningkatkan kemampuan membaca cepat, menyaring informasi penting, memahami konsep dasar, dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata. Studi ini menyimpulkan bahwa penggunaan Macromedia Flash secara signifikan meningkatkan kecakapan literasi siswa sekolah dasar.
References
Aini, D. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran InQuiry Laboratory Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMAN 15 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Aka, K. . (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46.
Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif : Perspektif Teoritis dan Praktis. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152–159.
Fitriya, A. ., Rahmawati, N. ., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Pemanfaatan Multimedia Interaktif sebagai Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1512–1522.
Lailiyah, W. . (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150–1159.
Mardhatillah, Verawati, Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia, 10(1), 38–53.
Marlina, Qomarudin, M., Hasan, S., Tasdiq, & Yovilia. (2024). Persepsi Guru dan Adaptasi Terhadap Perubahan Kurikulum. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 121–126.
Qomarudin, M., Pratama, H., & Nuriyah, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Kelas IV di MI Se Kecamatan Bumi Agung Way Kanan. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 227–231.
Rahmah, A., & Salsabila, H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 169–175. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.566
Rajwa, J., Alviyani, N., Putri, F. E., & Kusumaningati, W. (2023). Pembelajaran Materi IPA & Edukasi pada Siswa/i di SDIT An-Nuriyah Jakarta. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–7.
Ramadhani, S. ., & Wulandari, A. . (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 Hidup Bersih Dan Sehat SD Kelas II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1–12. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/1228/576
Razi, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Sains Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTS. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Yulianti, M. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Multimedia pada Budaya Literasi Peserta Didik. Epistema, 2(2), 68–75.
Zulfa, L. ., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananda Zahara Salsabila, Muhammad Afandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.