Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’An Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya

Authors

  • Erik Susanto Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Romdloni Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Ahmad Sodikin Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/j9v89506

Keywords:

Kesulitan Membaca Al-Qur’an , Upaya Guru PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini, dengan berbagai strategi yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama siswa dalam membaca Al-Qur’an meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, panjang pendek bacaan, dan kelancaran membaca. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya minat siswa, keterbatasan waktu, serta pengaruh lingkungan dan keluarga. Upaya guru PAI untuk mengatasi kendala ini dinilai optimal, seperti membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran, memberikan jam tambahan, menerapkan metode halaqah, serta menggunakan variasi metode pembelajaran agar siswa lebih termotivasi.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar. Jakarta.

Abdul Hamid. (2021). Metode internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.

Aminudin, dkk. (2005). Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi umum. Bogor: Ghalia Indonesia.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan tafsirnya (Edisi yang disempurnakan). Jakarta: Lentera Abadi.

Dradjat, Z. (2011). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Askara.

Firdaus, Z. (2010). Peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Inayati, L. H. (2013). Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Peret Bantul, Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur’an Indonesia.

Mappanganro. (2010). Pemilikan kompetensi guru. Makassar: Alauddin Press.

Moelong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi anak berkualitas belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Poedarminta, W. J. S. (2001). Pengantar kamus umum bahasa Indonesia (Edisi ke-3). Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis. (2005). Metodologi pendidikan agama Islam (Cetakan ke-IV). Jakarta: Kalam Mulia.

Salim, P., & Salim, Y. (1992). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press.

Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Yogyakarta: Java Litera.

Sulistiani, I. (2011). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V dan VI di SD Negeri 2 Bangsa Kecamatan Kebasen, Banyumas. IAIN Purwokerto.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi penelitian (Edisi ke-1). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tafsir, A. (2014). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: PT Rosda Karya.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’An Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 48 – 54. https://doi.org/10.30599/j9v89506