Pengembangan Kurikulum di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21
DOI:
https://doi.org/10.30599/sxrd6x96Keywords:
Pengembangan, Kurikulum, Abad 21Abstract
Sistem pendidikan harus beradaptasi dengan perubahan cepat abad ke-21 dengan menekankan tidak hanya pengetahuan akademis tetapi juga kemampuan abad ke-21 seperti kreativitas, pemikiran kritis, kerja sama tim, dan kemampuan beradaptasi teknologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengkaji bagaimana kurikulum Indonesia telah berevolusi untuk memenuhi tantangan abad ke-21. Penelitian kepustakaan merupakan metodologi penelitian yang dimanfaatkan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mencari literatur yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum, sejarah kurikulum, dan perkembangan abad 21. Analisis data, dilakukan setelah mengumpulkan data. Informasi yang relevan diekstraksi untuk mendukung argumen dan pembahasan dalam artikel ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data dari sumber-sumber pustaka, peneliti menyusun argumen dan konsep-konsep yang kemudian dijadikan landasan teoritis dalam artikel ilmiah dalam bentuk deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum yang fleksibel dan berorientasi pada kebutuhan global merupakan kunci untuk mencetak generasi yang adaptif, kreatif, dan kompetitif di era modern. Kurikulum semacam ini harus mampu mengintegrasikan keterampilan abad ke-21, seperti literasi digital, pemikiran kritis, dan kolaborasi, yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global yang dinamis.
References
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Rencana Pengembangan Kurikulum untuk Memenuhi Kebutuhan Keterampilan Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Atlis, Linda Dea., Syarif, Yuhasnita, dan Mudasir. (2024). Urgensi Manajemen Perencanaan dalam Menetapkan Kurikulum Pendidikan yang Ideal. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2, hal 160-166.
Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Penggunaan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152
Beers, S. Z. (2014). Hygienic standards for the sanitary-epidemiological evaluation of chemical water disinfectants are supported by science. Gigiena i Sanitariia, 93(6), 13–17.
Daga, A. T. (2022). Pengenalan Metode Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Membantu Siswa Sekolah Dasar Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137
Goleman, D. (1995). Emotional Intellegence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ, edisi pertama. Gramedia Pustaka Utama.
Hammond, Darling., & Adamson, F. (2010). The Function of Performance Evaluation in Reaching 21st Century Learning Standards: Going Beyond Fundamental Skills. Stanford Center for Opportunity Policy in Education.
Henik, U. (2016). Usaha Peningkatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tafhim Al-Ilmi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 16(1), 1–23.
Irawan, C. (2023). Penciptaan kurikulum dan sumber daya pendidikan yang otonom untuk mengatasi masalah sosial dan kompetensi abad ke-21. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1(2), 109–120.
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 01(September), 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153
Khanifah, L. N. (2018). Pengaplikasian Soft Skill melalui Kurikulum Akhlak dalam Program Adiwiyata Di SD Alam El-Yamien Tuban. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 120–131. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i2.155
Kholik, A. N. (2019). Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum Abad 21. As-Salam I, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How our Schools can teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
M Choirul Muzaini, Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70–81. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214
Mardiansyah, Dedy., Supangat, Dandi, dan Farazulika, Ira. (2024). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Kitab Kuning: Strategi Transformatif Model Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 3, 203-210.
Marlina, Qomarudin, M., Hasan, S., Tasdiq, dan Yovillia. (2024). Persepsi Guru dan Adaptasi Terhadap Perubahan Kurikulum. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2, Hal 121-126.
Maulidah, E. (2019). Character Development and 21st Century Learning in the Age of Industry 4.0 Revolution. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 138–146.
Medinah, H. (2024). Transformasi Kurikulum PAI: Integrasi Keterampilan Abad 21 Helmi. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 375–384.
Nais, Yulia Zahrotun., Marlina, dan Ramdloni. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP NU Tebat Jaya. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 3, Hal 245-250.
Oktariani, O., Fauziah, N., Baruri, A., & Fathia, A. (2023). Analysis of 21st Century Skills Assessment Tools Needed by Future Teachers. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(2), 311. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1276
Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom. Asia Society.
Putri, S. N., Setiani, E., Sandy, F., & Fath, D. M. Al. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.
Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan Sumber Belajar Matematika untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp123-138
Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171–182. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942
Saavedra, A., & Opfer, V. (2012). 21st Century Skills Education and Learning: Insights from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. Asia Society.
Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 146–167. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661
World Economic Forum. (2021). The Future of Jobs Report 2020. Creative Education, 12(4).
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Pendekatan Berbasis Kurikulum untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209
Zakariyah, Z., Muhamad Arif, & Nurotul Faidah. (2022). Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nana Rismana, Sari Hernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.