Media Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Teknologi di MI Al-Irsyad Kota Madiun

Authors

  • Muhammad Alfian Ikhsan IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30599/gzgfy913

Keywords:

Literasi , Teknologi, Pembelajaran PAI, Media Pembelajaran

Abstract

Pengembangan Literasi Teknologi dalam Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan upaya untuk memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan materi-materi keagamaan kepada para siswa. Melalui penggunaan media pembelajaran seperti video, presentasi PowerPoint, atau aplikasi interaktif, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap pelajaran PAI, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan teknologi yang penting di era digital ini. Dengan demikian, pengembangan literasi teknologi dalam media pembelajaran PAI bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan agama Islam dalam konteks yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran literasi teknologi dalam media pembelajaran PAI di MI Al-Irsyad Kota Madiun. Hasil dari penelitian ini adalah mengembangkan literasi teknologi dalam media pembelajaran PAI di MI Al-Irsyad Kota Madiun berupa tampilan powerpoint dan vidoe yang diunggah di platform media sosial.

References

Ani Cahyadi. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Penerbit Laksita Indonesia.

Erfan Triyanto, Suhartono, & Muhamad Ikhsanudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Visual (SMART SPINNER). Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 4.

Fimier Liady, Jasiah, Novia Anggraeni, Helda Oktarina, & Safira Nurlita. (2022). Pendampingan Literasi Teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 547–554.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. UNY Press.

Leni Marlina, Suhartono, & Marlina. (2022). Strategi Pembelajaran Daring PAI Menggunakan Media WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 52–58. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1468

Munawir Gazali, & Made Ayu Pransisca. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95.

Muslih Qomarudin, Hendy Pratama, & Sinta Nuriyah. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Kelas IV di MI Se Kecamatan Bumi Agung Way Kanan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 227–231.

Nasir. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Berbasis Web di Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Akademikia, 9(1), 127–138. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.813

Ni Komang Suni Astini. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma, 2018, 113–120.

Nur Laily Fauziyah, Nabil, & Aldian Syah. (2022). Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa dalam Mencegah Radikalisme di Kabupaten Bekasi. Edukasi Islami, 11, 503–518. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2092

Rini Nuraini, Petrus Jacob Pattiasina, & Anisah Ulfah. (2022). Peran Literasi Teknonologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah, 6(3), 659–666. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Media Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Teknologi di MI Al-Irsyad Kota Madiun. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 55-60. https://doi.org/10.30599/gzgfy913