Kajian Teoritis: Al-Qur’an Sebagai Landasan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30599/43w1fy82Keywords:
Al-Qur'an, Pendidikan, Karakter, Anak Usia Dini, AkhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Al-Qur’an sebagai landasan pendidikan karakter pada anak usia dini dalam rangka menghadapi tantangan pergeseran nilai moral akibat globalisasi dan perkembangan teknologi. Masalah utama yang diangkat adalah kurangnya integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan karakter di lingkungan keluarga maupun institusi formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dengan metode tafsir maudhu'i dan hermeneutika untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an seperti kejujuran, kasih sayang, keadilan, kesabaran, dan tanggung jawab sangat relevan untuk pembentukan karakter anak usia dini. Tahapan implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an meliputi pengenalan, pembiasaan, pengalaman, internalisasi, dan penguatan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam kurikulum pendidikan anak usia dini serta peran aktif orang tua dan pendidik dalam memberikan teladan nyata
References
Achmad, F. (2024). Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(2), 188–206.
Al-Syaikh, A. bin M. bin I. (2018a). Tafsir Ibnu Katsir: Terjemahan Kitab Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir (Vol. 4). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Al-Syaikh, A. bin M. bin I. (2018b). Tafsir Ibnu Katsir: Terjemahan Kitab Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir (Vol. 5). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Al-Syaikh, A. bin M. bin I. (2018c). Tafsir Ibnu Katsir: Terjemahan Kitab Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir (Vol. 2). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Al-Syaikh, A. bin M. bin I. (2018d). Tafsir Ibnu Katsir: Terjemahan Kitab Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir (Vol. 1). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Ansori, Y. Z. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270.
Aprida, S. N., & Suyadi. (2022). Implementasi pembelajaran Al-Qur’an terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471.
Aslindah, A., & Pratiwi, Y. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Moral Anak Usia Dini di TK Al Mardhiyyah Samarinda. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1139–1148.
Bahar, H., Iswan, I., Sundi, V. H., Fitri, N. L., & Fakhirah, S. (2020). Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 145–155.
Berlianti, R., Kurniawan, K., & Cikdin, C. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 12(2), 1–13.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. (2017). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: PT. Pena Pundi Aksara.
Djollong, A. F., Firdaus, R., Darmayasa, D., Sapiah, S., Masturoh, I., Batubara, S. T., & Mubarok, M. S. (2024). Buku Ajar Pendidikan Karakter. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Farid, M., Al-Kautsary, M. I., & Sidik, A. H. M. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Corak Tafsir Tarbawi dalam Qs. Luqman Ayat 12-19). Jurnal Al-Qiyam, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v5i1.457
Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568
Istifadah, E., & Suhartono, S. (2020). Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.846
Izzan, A. (2014). Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur.
Lailatul’Izza, N. (2023). Upaya Penanaman Penggunaan Media Sosial dalam Melindungi Anak-Anak dari Dampak Negatif Media Sosial. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(2), 232–254.
Mariyah, S. (2024). Perjanjian Hudaibiyah Dan Pendidikan Karakter; Membina Akhlak Mulia Siswa Sejak Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 124–131.
Mufida, Z., & Syam, A. R. (2024). Islamic Educational Principles in Al-Muwatta’by Imam Malik: A Study of Hadith and Its Application in the Modern Era. Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal, 1(2), 53–66.
Nofhendri, N., & Fadhlurrahman, F. (2024). Optimalisasi Pendidikan Qur’an Hadits: Membangun Generasi Qur’ani yang Berkarakter. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.35931/am.v3i2.3952
Nuryanti, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Berbasis Sentra Al-Qur’an Di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta (PhD Thesis). Institut PTIQ Jakarta, Jakarta.
Nuryupa, N., Amra, A., & Suharmon, S. (2024). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 947–959.
Pattiruhu, F. J. (2023). Belajar Adil Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 72–81.
Putri, M. A., Nasekah, S., & Prahesti, S. I. (2024). Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak Usia Dini di KB-TK Anak Cerdas Ungaran Sebagai Salah Satu Pilar Pembangunan Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–11.
Putri, N. I., Razzaq, A., & Imron, K. (2024). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Kajian (QS Thaaha Ayat 132). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(3), 1531–1537.
Rahmah, S. (2019). Konsep Membentuk Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 40–69.
Rahmah, S. (2021). Akhlak dalam Keluarga. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 27–42. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.5609
Rahman, H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rika, Aprilia, N., & Salamah. (2024). Prinsip-Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(6), 404–415.
Rohaeni, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Islami. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(5), 1027–1033.
Rohdiana, F., Suhartono, & Marlina. (2023). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Santri pada Pondok Pesantren Darussalamah. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 15–24. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1843
Sholikhah, D. D., Purnama, I. S. S., Hunaida, W. L., & Rozaq, A. K. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Peserta didik melalui Pembiasaan Salat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 83–94. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3427
Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44.
Subur, S. (2017). Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam: Kajian Dari Aspek Tanggung Jawab Pendidik. Jurnal Tarbiyatuna, 8(2), 146–165.
Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Pendidikan Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali. Social Studies in Education, 2(2), 107–122. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.107-122
Wahyuni, I. (2023). Peran Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak-Anak Sekolah Dasar (SD). GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(2), 260–270.
Wibowo, Y. R., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113–132.
Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an: Integration of the Values of Character Education Based on the Qur’an. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1–8.
Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusuf Rendi Wibowo, Fatonah Salfadilah, Yeti Rahelli, Sapruddin, Fitriyana, Lia Martha Ayunira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.