Penerapan Metode TGT (Teams Games Tournament) dalam Pembelajaran PAI Materi Sumber Hukum Islam Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo

Authors

  • Dea Rahmawati Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Sholeh Hasan Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Suwandi Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • M. Saiful Amin Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/sgf84157

Keywords:

Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) , Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran PAI materi Sumber Hukum Islam pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu penyajian kelas, pembahasan materi, turnamen atau pertandingan, dan pemberian reward bagi kelompok dengan skor tertinggi. Faktor pendukung metode ini meliputi kesiapan guru, penguasaan materi, dan pemilihan strategi yang tepat. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti perbedaan daya pikir siswa, ketidakterbiasaan mereka dengan metode selain ceramah, kurangnya perhatian dalam pelaksanaan TGT, kesulitan memahami proses turnamen, serta gangguan dari siswa yang ribut sehingga mengurangi konsentrasi. Selain itu, keterbatasan waktu juga menjadi kendala dalam penerapan metode ini.

References

Annisa. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society.

Khamidin, A. (2017). Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Seminar Nasional PGSD 2017 Tema “Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna.”

Mawadah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Mulia, D. S. (2016). PTK (penelitian tindakan kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di sd negeri kalisube, banyumas. Khazanah pendidikan.

Nafisaturrafiah. (2021). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Game Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 8 Subtema 1 Di SD Negeri 2 Menawan Kabupaten Grobogan. Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar).

Nurjanah. (2017). Teknik Dan Instrumen Asesmen PAUD Ranah Afektif: Teknik Non Tes. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan.

Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi.

Sari. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Tema Globalisasi Melalui Media Quizizz Kelas Vi Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimensi Pendidikan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Penerapan Metode TGT (Teams Games Tournament) dalam Pembelajaran PAI Materi Sumber Hukum Islam Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 42-47. https://doi.org/10.30599/sgf84157