Pengaruh Pembelajaran Tafsir Al-Quran Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Tentang Makna Ayat-ayat Al-Quran di MAN 1 OKU Timur

Authors

  • Tari Deva Islammiyah Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Ahmad Sodikin Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/vp1nn417

Keywords:

Pembelajaran Tafsir Al-qur’an, Pemahaman Siswa, Ayat-ayat Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tafsir Al-Qur'an terhadap interpretasi siswa mengenai arti ayat Al-Qur'an di MAN 1 OKU Timur. Sekolah ini memiliki lingkungan pendidikan yang kuat dalam nilai-nilai agama Islam dan menyediakan kelas khusus untuk pembelajaran agama, termasuk tafsir Al-Qur'an. Metode penelitian yang diterapkan ialah gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan eksperimen, melibatkan siswa kelas XI yang mengikuti atau tidak mengikuti pembelajaran tafsir. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman, angket, dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan signifikan pada pemahaman antara siswa di kelas eksperimen (mendapat pembelajaran tafsir) serta kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebanyak 0.001 (<0.05), menunjukkan bahwa pembelajaran tafsir Al-Qur'an berpengaruh positif. Kesimpulannya, metode pembelajaran yang interaktif, seperti ceramah, tanya jawab, dan penggunaan video, meningkatkan pemahaman siswa atas makna ayat-ayat Al-Qur'an di kelas eksperimen.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.

Anggini, I. T., Riana, A. C., Suryani, D., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 398–405.

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Asroni, A. (2021). Penafsiran Kontekstual Al-Qur’an: Telaah Atas Pemikiran Abdullah Saeed. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 4(1), 107–123.

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56.

Fulandari, N. (2014). Problematika Pembelajaran Mata Pelajaran Tafsir Dan Solusinya Pada Kelas Xi Program Agama Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasanah, U. (2020). Analisis Mutu Dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan Di MAN 2 Yogyakarta. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 171–181.

Izzah, K. (2020). Transformasi dan Manajemen Pendidikan Islam. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 58–78.

Kharomen, A. I. (2020). Metode Pembelajaran Tafsir di Sekolah Berbasis ‘Ulum Al-Qur’an. Andragogi, 8(2), 476–484.

Maghfiroh, J., Mulyadi, A., & Lubis, R. (2023). Pengaruh Literasi Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar PAI Di Smk Insan Teknokrat Bekasi (Jaya Cimuning). Turats, 16(1), 1–14.

Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Qur’an Dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’i Dalam Kajian Literasi). Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 81–90.

Nirwana, R., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Pada Satuan Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi. Journal on Education, 5(2), 5266–5278.

Parwanto, W. (2022). Vernakularisasi tafsir Al-Qur’an di Kalimantan Barat (Studi atas Tafsir Ᾱyāt aṣ-Ṣiyām karya Muhammad Basiuni Imran). Suhuf, 15(1), 107–122.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif . bandung: Alfabeta. Google Scholar Alfabeta.

Umar, B., Zirzis, A., & Nusroh, N. L. (2015). Pendidikan dalam perspektif hadis. Amzah.

Wahyudi, W., Nada, W., Sutanto, C., Widianengsih, D., & Pitriani, L. (2023). Analisis Pemikiran as-Shabuni Tentang Poligami Dalam Kitab Shafwatut Tafasir. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran Dan Tafsir, 3(2), 176–191.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Tafsir Al-Quran Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Tentang Makna Ayat-ayat Al-Quran di MAN 1 OKU Timur. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 97-104. https://doi.org/10.30599/vp1nn417