Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Prinsip Dan Teknik
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3560Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan metode supervise manajerial untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Data deskriptif dari berbagai buku, artikel, dan jurnal tentang supervisi manajemen untuk meningkatkan pengelolaan sekolah yang efektif digunakan dalam jenis penelitian kualitatif ini. Untuk melaksanakan supervisi manajerial, pengawas dapat menggunakan teknik supervisi individu atau kelompok. Teknik supervisi individu melibatkan pengawasan yang diberikan kepada kepala sekolah atau anggota staf lainnya yang menghadapi masalah individu. Teknik supervisi kelompok melibatkan pengawasan yang diberikan kepada dua atau lebih orang. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kepala sekolah yang mungkin memiliki masalah atau kelemahan yang sama dikumpulkan atau digabungkan. Selanjutnya, mereka menerima layanan supervisi sesuai dengan masalah atau kebutuhan mereka. Salah satu bagian dari pengawasan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan adalah melakukan observasi menyeluruh terhadap proses pembelajaran di sekolah dan memberikan umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan metode supervisi manajemen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data sekunder, yaitu buku-buku dan arikel yang relevan, digunakan sebagai sumber data.
Downloads
References
ABBAS, A. (2018). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika, 12(1), 15–30. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173
Al Fathoni, A. A. M. (2022). Metode dan Teknik Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru, 3.
Apriliana, H., Anggreani, R., & Subandi. (2024). TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH ( SUPERVISOR ) DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM SUPERVISI. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–11. https://doi.org/10.62281
Diana, N. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Fajriya, R. N., Gunawab, A., & Fauzi, A. (2023). Teknik Supervisi Akademik. JIMP: Jurnal Inofatif Manajemen Pendidkan Islam, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.38073/jimpi.v2i01.673
FAKHRIAH. (2022). Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 280–287. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i3.1597
Firdausi, L., Akhyak, Efendi, N., & Muhajir, A. (2023). MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DENGAN PRINSIP-PRINSIP CROSBY: PENERAPAN UNTUK KEUNGGULAN PENDIDIKAN. Attaqwa:JurnalIlmuPendidikan Islam, 19(1).
Haryanto A.G, Hartono Ruslijanto, & Datu Mulyono. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta EGC.
Hastuti, W. (2023). Supervisi Manajerial untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Kepala Sekolah atau Madrasah (T. J. Pustaka (ed.); Cet. Perta). Jejak Pustaka.
Joni, S., Ar, D., & Ibrahim, S. (2016). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Swasta di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1).
Kasman, & Novebri. (2021). Manajemen dan Supervisi Pendidikan Islam (M. I. Barus (ed.); Cet. Perta). Medina Publisher.
Kibtiyah, M., & Heryanto, D. (2022). Implementation of Supervision Techniques: A Literature Study. 12 Waiheru, 8(1), 66–75.
Musfah, J. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori dan Kebijakan (Cet. 1). K E N C A N A.
Nirmayanthi, A., Semi, H., & Rahman, D. (2023). Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Pengelolaan. Nazzama Journal Of Management Education, 3(1).
Novari, D. M., Patimah, S., & Putra, J. (2023). Analisis Supervisi Pendidikan di SMK Al-Ma’arif Way Kanan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2651
Prabowo, S., & Yoga, D. S. (2016). Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru Sltp/Slta. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 96. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1281
Pratama, F. A., & Norma, A. D. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan : Teoritis dan Praksis (A. Mulyanto & O. Rosmaladewi (eds.)). Yayasan Wiyata Bestari Semasta.
Purwanto, M. N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan (T. Surjaman (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Rohmatika, R. vina. (2016). URGENSI SUPERVISI MANAJERIAL UNTUK PENINGKATAN KINERJA SEKOLAH. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 9(1), 2–20.
Rozi, H. N., Syafria, Buyung, Asmarni, T., & Saputra, D. (2023). Manajemen Strategi Dan Mutu Pendidikan Islam (Z. Sesmiarni (ed.); cet. 1). Uwais Inspirasi Indonesia.
Salsabilah, R., Putri, T. D., & Subandi. (2024). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–12. https://doi.org/10.62281
Simanjuntak, H., Endrayono, B. T., Sinaga, D., Siagian, B. A., & Saragih, E. L. L. (2022). Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar . CV. Penerbit Qiara Media.
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In Kencana (cet. 4, Issue December). KENCANA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mila Alvionita, Dea Wanda Milarahma Putri, Muhammad Syaifudin, Muslim Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.