Analisis Peran Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMK Negeri 4 Bandar Lampung

Authors

  • Kemala Sandi Rosa SMK Negeri 4 Bandar Lampung
  • Siti Patimah UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2753

Keywords:

Komite, Mutu, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran komIte dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa komite sekolah telah menjalankan perannya dengan baik dalam ikut serta meningkatkan mutu SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Komite sekolah di SMK Negeri 4 Bandar Lampung berperan sebagai advisory agency atau pemberi pertimbangan, sebagai supporting agency atau pendukung, sebagai controlling agency atau pengontrol dan yang terakhir sebagai mediator. Komite sekolah menjadi salah satu aspek yang berperan penting penting dalam proses peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung karena memiliki sejumlah peranan yang harus senantiasa dijalankan. Mulai dengan memberikan banyak penawaran sebagai sebuah pertimbangan dalam setiap rencana juga program kegiatan yang disusun oleh sekolah. Mendukung adanya penyelenggaraan kegiatan berupa dukungan baik moral maupun material. Melaksanakan kontrol terhadap pengambilan keputusan yang ada di sekolah serta menjadi penghubung yang dapat menyalurkan aspirasi wali murid maupun masyarakat kepada pihak SMK Negeri 4 Bandar Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, M. F. (2020). Rekonstruksi Pengelolaan Komite Sekolah Sebagai Mitra Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Edification, 2(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.79

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Cardoso Gomes, F. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 2. Penerbit Andi.

Effendi, R., Wardiah, D., & Lian, B. (2020). School Committee Strategy in Improving the Quality of Educational Services. International Journal Of Progressive Sciences And Technologies, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v20.1.1752

Fathurrahman. (2020). Optimalisasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Pengolahan Satuan Unit Pendidikan. Jurnal Reforma, 9(1), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.251

Fauzi, A. (2020). Analisis Biaya Mutu dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan. Jurnal JUMPA, 1(1), 51–62. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa/article/view/1048/544

Fauziah, F., Ar, M., & Djailani, D. (2014). Pemberdayaan Komite Sekolah Oleh Kepala Sekolah Pada Sdit Nurul Fikri Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1).

Hadi, M. (2017). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada min buengcala kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Intelektualita, 5(2).

Hadis, A., & B, N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Hanipudin, S., & Zulaekha. (2020). Peran Komite Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di MI Ma’arif 03 Limbangan Cilacap. Jurnal Al-Fikr, 6(2), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.76

Harsoyo, R. (2021). Model Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kaoru Ishikawa). Journal Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ sajiem.v2i1.44

Herwan, Aswandi, A., & Chiar. (2018). The Role Of School Committee In Supporting The Fulfillment Of Education Facilities And Infrastructure. Journal of Education Teaching and Learning, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v3i2.763

Husaini, & Fitria, H. (2019). Manajemen kepemimpinan pada lembaga pendidikan islam. Jurnal JMKSP, 4(1).

Kurniawan, Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.864

Lidya, E. (2018). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu madrasah (studi pada madrasah ibtidaiyah negeri 1 kota prabumulih). Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 1(1).

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1).

Ningsih, K. D., Harapan, E., & Destiniar. (2021). Pengaruh Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal JMKSP, 6(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3921

Nitisemito, A. (2001). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo.

Nofijantie, L. (2012). Peran lembaga pendidikan formal sebagai modal utama membangun karakter siswa. Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII.

Nuraya, N., Adiman, A., Herawati, E. S. B., Jumira Warlizasusi, R., & Aliyyah, R. (2021). Implementation of the Roles and Functions of the School Committee in Improving the Quality of Education Services in the City of Cirebon. Jurnal Tadbir, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v5i1.2113

Nurwahyuni, K., & Hudaidah, H. (2021). Sejarah Sistem Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa : Sebuah Studi Literatur. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51214/bip.v1i2.91

Purwoko. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Rasyidi, M. U. (2019). Analisis Peran dan Fungsi Komite Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SD Muhammadiyah 3 Pandaan. Jurnal JPPI, 12(2), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v13i2.4756

Suwarno, & Bramantyo, R. Y. (2020). Peran Sosial Komite Sekolah dalam Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi di Sekolah. Jurnal Cendekia, 14(2), 137–152. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.628

Ulum, M. (2017). Strategi peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan pasca penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 7(1), 69–91. https://doi.org/doi: http://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5122

Werdiningsih, W. (2020). Manajemen Humas dalam Meningkatkan Peran Komite Sekolah di PAUD Sabila Ponorogo. Jurnal Al-Idaroh, 4(1), 108–122.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Kemala Sandi Rosa, & Siti Patimah. (2023). Analisis Peran Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 83–88. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i2.2753
Abstract Views: 156 | File Views: 141