Peran Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa

Authors

  • Fitri Rohdianti Mahasiswa
  • Sholeh Hasan Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Ikhsanudin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1847

Keywords:

Karakter,, Peserta Didik, Manajerial Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Darussalamah Muda Sentosa, pada bulan Maret sampai Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Apa saja karakter-karakter yang diharapkan di MTs Darussalamah Muda Sentosa; (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam membentukkarakter peserta didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa; (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukankarakter peserta didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,data dan hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data yang diambil melalui sumber data primer yakni daripengasuh, dewan asatidz, santriwati, dan sumber sekunder yakni diperoleh dari dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan Pondok Pesantren Darussalamah, Berdasarkan hasil dari penelitian yang disusun oleh Fitri Rohdiantimenunjukkan bahwa:(1) Karakter-karakter yang ditanamkan kepada peserta didik yaitu karakter berakhlakul karimah seperti berbicara yang sopan, Karakter berjiwa sosial tinggi seperti saling tolong menolong, dan karakter taat beragama Islam seperti mengagendakan ibadah sholat Dhuha setiap pagi. (2) Peran Kepala Madrasah dalam pembentukan karakter peserta didiknya yaitu: kepala madrasah merumuskan dan menentukan konsep karakter yang akan ditanamkan ke peserta didiknya yaitu konsep karakter berakhlakuk karimah, kepala madrasah melakukan sosialisasi dan peningkatan tentang karakter berakhlakul karimah dengan menyampaikan pengarahan tentang karakter akhlakul karimah pada forum atau kegiatan yang dijadwalkan madrasah. (3) Faktor pendung dan faktor penghambat dalam proses berjalannya, yaitu faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa yaitu Sumber Daya Manusia yang baik, lingkungan madrasah yang berada di lingkungan pondok pesantren menjadi salah satu pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya peran serta pengawasan orang tua dalam mengawasi anaknya dalam membentuk karakter yang berakhlakul karimah, terkhususnya untuk peserta didik yang tidak tinggal di asrama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2016.Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21.Bandung: PT. Refika Aditama.

Ardy, Wiyani, Nova. 2018.Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management Konsep Dan Aplikasi Di Sekolah.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. 2005.Al-Qur’an dan Terjemahanny., Surabaya: CV Fajar Mulya.

Emzir. 2012.Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagafrindo Persada.

Fitra, Surya, Yenni. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi, Vol. 1 No. 1.

Hasanah, Uswatun. 2015. “Pendidikan Karakter Model Madrasah: Sebuah Alternatif”.Jurnal Terampil, Vol. 2 No. 1.

Herabudiman.Administrasi dan Supervisi Pendidikan.(Bandung: Pustaka Setia, 2009)

Iqbal, Hasan, M. 2002.Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

IstifadahEviatul, Suhartono danH. Mu’arif, 2020, PeranPendidikanMadrasahDiniyahUlaDalam MembentukKarakterSantri, AlI’tibar:JurnalPendidikan Islam,Vol.7No.1.

Juanda. 2018. “Eksplorasi Nilai Fabel Sebagai Sarana Alternatif Edukasi Siswa”. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Vol. 18 No. 2

Kurniasih, Imas. 2017.Pendidikan Karakter Internalisasi Dan Metode Pembelajaran DiSekolah.Jakarta: Kata Pena.

Margono. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuki. 2017.Pendidikan Karakter Islam.Jakarta: Amzah..

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Fitri Rohdianti, Sholeh Hasan, & Muhamad Ikhsanudin. (2023). Peran Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darussalamah Muda Sentosa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 06–14. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1847
Abstract Views: 299 | File Views: 354