PAI dan Radikalisme
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1709Keywords:
PAI, Radikalisme, DeradikalisasiAbstract
Kasus radikalisme atau terorisme di Indonesia banyak terjadi, salah satunya cara untuk menderadikalisasi melalui bidang pendidikan yaitu dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu upaya untuk mendorong arus radikalisme harus dilakukan dengan cara komprehensif, dimulai dengan desain perencanaan dan kurikulum melalui proses penyiapan, pengayaan dan atau penguatan terhadap berbagai kompetensi yang telah ada, mendesain proses pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap siswa untuk mampu menghormati hak-hak orang lain tanpa membedakan latar belakang ras, agama, bahasa dan budaya, dan tanpa membedakan mayoritas atau minoritas. Nilai-nilai pendidikan anti radikalisme yang diintegrasikan pada pembelajaran PAI meliputi citizenship, compassion, courtesy, fairness, moderation, respect for other, respect for the creator, self control, dan tolerance. Dengan demikian pendidik dapat mengembangkan sikap siswa untuk mampu menghormati hak-hak orang lain tanpa membedakan latar belakang ras, agama, bahasa dan budaya, dan tanpa membedakan mayoritas atau minoritas.
Downloads
References
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, Bandung: Rosda, 2009
Dinata, F. R., Qomarudin, M., & Ermayanti, E. (2020). PAI Dan Pendidikan Damai di Indonesia. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 96–104. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1198
Hidayatullah, Syarif, Islam “Isme-isme”: Aliran dan Paham Islam di Indonesia Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
http://internasional.kompas.com/read/2017/05/26/11345421/teroris.isis.klaim.serangan.bom.bunuh.diri.di.kampung.melayu diakses pada 3 Juni 2017
Khammami, Zada, Islam Radikal, Pergulatan Ormas-Ormas Islam Garis Keras di Indonesia, Jakarta: Teraju, 2002
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Mashudi, Imron, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Mulkulturalisme “Reformasi PAI di Era Mulkultural”, Jakarta: Balai Litbang Agama, 2009
Masykur Musa, Ali, Nasionalisme di Persimpangan - Pergumulan NU dan Paham Kebangsaan Indonesia, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Novan Ardy, “Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme di SMA”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. I No. 2 (2012)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013,Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Prastowo, Andi, Pembelajaran Konstruktif-Scientific Untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah: Teori, Aplikasi, dan Riset Terkait, Jakarta: Rajawali Pers, 2014
Pusat Bahasa Depdiknas RI, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008
Qodir, Zuli, Radikalisme Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Rubaidi, A, Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama Masa depan Moderatisme Islam di Indonesia Yogyakarta: Logung Pustaka, 2007
Shihab, Alwi, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1998
Sudjana, Eggi, Islam Fungsional, Jakarta : Rajawali, 2008