PAI dan Radikalisme

Authors

  • Feri Riski Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Ali Kuswadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Muslih Qomarudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1709

Keywords:

PAI, Radikalisme, Deradikalisasi

Abstract

Kasus radikalisme atau terorisme di Indonesia banyak terjadi, salah satunya cara untuk menderadikalisasi melalui bidang pendidikan yaitu dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu upaya untuk mendorong arus radikalisme harus dilakukan dengan cara komprehensif, dimulai dengan desain perencanaan dan kurikulum melalui proses penyiapan, pengayaan dan atau penguatan terhadap berbagai kompetensi yang telah ada, mendesain proses pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap siswa untuk mampu menghormati hak-hak orang lain tanpa membedakan latar belakang ras, agama, bahasa dan budaya, dan tanpa membedakan mayoritas atau minoritas. Nilai-nilai pendidikan anti radikalisme yang diintegrasikan pada pembelajaran PAI meliputi citizenship, compassion, courtesy, fairness, moderation, respect for other, respect for the creator, self control, dan tolerance. Dengan demikian pendidik dapat mengembangkan sikap siswa untuk mampu menghormati hak-hak orang lain tanpa membedakan latar belakang ras, agama, bahasa dan budaya, dan tanpa membedakan mayoritas atau minoritas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, Bandung: Rosda, 2009

Dinata, F. R., Qomarudin, M., & Ermayanti, E. (2020). PAI Dan Pendidikan Damai di Indonesia. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 96–104. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1198

Hidayatullah, Syarif, Islam “Isme-isme”: Aliran dan Paham Islam di Indonesia Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

http://internasional.kompas.com/read/2017/05/26/11345421/teroris.isis.klaim.serangan.bom.bunuh.diri.di.kampung.melayu diakses pada 3 Juni 2017

Khammami, Zada, Islam Radikal, Pergulatan Ormas-Ormas Islam Garis Keras di Indonesia, Jakarta: Teraju, 2002

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Mashudi, Imron, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Mulkulturalisme “Reformasi PAI di Era Mulkultural”, Jakarta: Balai Litbang Agama, 2009

Masykur Musa, Ali, Nasionalisme di Persimpangan - Pergumulan NU dan Paham Kebangsaan Indonesia, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Novan Ardy, “Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme di SMA”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. I No. 2 (2012)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013,Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Prastowo, Andi, Pembelajaran Konstruktif-Scientific Untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah: Teori, Aplikasi, dan Riset Terkait, Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Pusat Bahasa Depdiknas RI, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008

Qodir, Zuli, Radikalisme Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Rubaidi, A, Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama Masa depan Moderatisme Islam di Indonesia Yogyakarta: Logung Pustaka, 2007

Shihab, Alwi, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1998

Sudjana, Eggi, Islam Fungsional, Jakarta : Rajawali, 2008

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Qomarudin, M. (2022). PAI dan Radikalisme. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 83–91. https://doi.org/10.30599/jpia.v9i2.1709
Abstract Views: 294 | File Views: 356