PAI Dan Pendidikan Damai di Indonesia

Authors

  • Feri Riski Dinata STIT AL Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Muslih Qomarudin STIT AL Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Ermayanti Ermayanti STIT AL Hikmah Bumi Agung Way Kanan

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v7i2.1198

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kekerasan, Pendidikan Damai

Abstract

Adalah suatu aspek penting yang harus selalu terus menerus dikembangkan dan diperjuangkan di Indoneisa adalah kerukunan. Kita menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk, untuk itu dalam menanggapi kemajemukan tersebut perlu adanya rumusan kerukunan bersama dikalangan masyarakat agar tidak terjadinya kekerasan dan terciptanya kedamaian dalam kehidupan di Indonesia. Islam sangat merespon terkait isu perdamaian, dalam islam, perdamaian merupakan salah satu pilar yang menjadikan islam mampu berjalan melintasi waktu dan tempat di seluruh dunia lebih dari 14 abad ini, bahkan diutusnya Nabi Muhammad dalam salah satu hadis adalah untuk menebarkan kedamaian. Pendidikan sebagai salah satu cara dalam memberdayakan masyarakat mengambil andil yang cukup besar dalam mewujudkan kerukunan dan perdamaian masyarakat plural Indonesia, lewat pendidikan perdamaian diharapkan Indonesia memiliki jiwa kesatuan dan keutuhan dalam bingkai kemajemukan dan terciptanya masyarakat harmonis dan saling toleran di segenap penjuru tanah air Indonesia. Makalah ini bertujuan untuk mencoba menganalisa bentuk dari pendidikan damai dalam bingkai ke-Indonesiaan dan ke-Islaman yang rahmatan lil alamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimus,2017. Mulai Tergerusnya Nilai Toleransi Sejak Dini, Indonesian Conference on Religion and Peace, diakses pada laman http://icrp-online.org/2017/05/03.

Anonimus, 2017. Selanjutnya lihat Majalah SINDO WeeklyEdisiNo.9/VI/2017, yang terbit Senin (1/5/2017), diakses pada laman https://nasional.sindonews.com tanggal 15/5/2017.

Assegaf, 2004. Abdurrahman., Pendidikan Tanpa Kekerasan; Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Assegaf,2004. Abdurrahman., Pendidikan Tanpa Kekerasan; Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana.

As-Sirjani, 2014. Raghib., Nabi Sang Penyayang, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Chaer, Moh. Toriqul.,2016. Islam dan Pendidikan Cinta Damai, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Volume 2, Nomor 1, Juli-Desember 2016.

Cowie, Helen., dan Dawn Jennifer, 2009. Penanganan Kekerasan di Sekolah; Pendekatan Lingkup Sekolah untuk Mencapai Praktik Terbaik, Penerjemah, Ursula Gyani, Jakarta: Indeks.

Depdikbud,1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Djamal, 2016. Fenomena Kekerasan di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dzuhayatin, Siti Ruhaini., 2016. Disampaikan pada International Peace Symposium, yang bekerjasama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gavriel., 2009. Four major challenges facing peace education in regions of intractable conflict, Four major challenges facing peace education in regions of intractable conflict, July.

Howlett, Charles F., John Dewey and Peace Education,2008. Columbia: Columbia University.
http://www.theorchardmontessori.com/an-education-for-peace-the-montessori-philosophy. Diakses pada 4 Juni 2017.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Montessori, Maria., 1974. Education for New World, Thiruvanmiyur, India: Kalaksherra Press.

Mugni, Syafiq A., 2001. Nilai-nilai Islam; Perumusan Ajaran dan Upaya Aktualisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munawar-Rahman, Budhy, dkk.,2017. Pendidikan Karakter; Pendidikan menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah, dan Sekolah, The Asia Foundation, Living Values Education.

Naim, Ngainun.,2014. Islam dan Pluralisme Agama; Dinamika Perebutan Makna, Yogyakarta: Aura Pustaka.

Nasr, Sayyed Hossein.,2003. Islam; Agama, Sejarah, dan Peradaban, Penerjemah, Koes Adiwidjajanto, Surabaya: Risalah Gusti.

Nasution, Khoirudin.,2004. Pengantar Studi Agama, Yogyakarta: TAZZAFA.

Nurcholish, Ahmad., peace education, Indonesian Conference on religion and peace dalam http://icrp-online.org/2015/10/12/peace-education-bagian-1/, diakses pada Minggu 31 Mei 2017.

Qodir, Zuly.,2014. Radikalisme Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahlan, Asmaun., dan Angga Teguh Prastyo,2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saleh, Nurul Ikhsan.,2012. Peace Education: Kajian Sejarah, Konsep & Relevansinya dengan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukendar, 2011. Pendidikan Damai (Peace Education) Bagi Anak-Anak Korban Konflik, jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 2, November.

Syihab, Alwi.,1998. Islam Inklusif , Bandung: Mizan.

Zamroni, 2004. Peace Education, A Reader Volume I, Yogyakarta: Pascasarjana UNY.

Montessori, Maria., 1949. Education and Peace , Chicago: Henry Regery.

Wulandari Taat., 2010. Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah, MOZAIK,Volume V Nomor 1, Januari.

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Dinata, F. R., Qomarudin, M., & Ermayanti, E. (2020). PAI Dan Pendidikan Damai di Indonesia. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 96–104. https://doi.org/10.30599/jpia.v7i2.1198
Abstract Views: 732 | File Views: 853