Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1100Keywords:
Kinerja Guru, Pembelajaran Daring (whatsapp), Masa PandemiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui a). Bagaimana kinerja guru madrasah, b). Mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi di MTs Roudhotu Tolibin Pisang Indah Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa a. Kinerja guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi dalam kategori sedang hal ini berdasar data kualifikasi pendidikan guru atau ijazah yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, dari 13 guru terdapat 62% guru mengajar sesuai dengan ijazah/kualifikasi pendidikan dan 38% guru tidak sesuai mengajar dengan ijazah.
Downloads
References
Afrizal.2015. Metode Penelitian Kualitatif; Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depag,2005. Al Qur’an dan Terjemahan, Bandung:CV Penerbit J-ART.
Ismuha, I., Khairudin, K., & Djailani, A. R. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1),74374.h. 48.
Moleong, Lexy K, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosda Karya.
Ngalim Purwanto, 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Ondi Saondi dan Aris Suherman,2010. Etika Profesi Keguruan, Bandung: PT Refika Aditama.
Samsudin, 2006. Manajemen Sumber Daya, Bandung: Pustaka Setia.
Soebagio Atmodiwirio. 2002, Manajemen Pelatihan, Jakarta: Ardadizya Jaya.
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabet.
Syaiful Sagala,2008, Administrasi Pendidikan kontemporer , Bandung :Alfa Beta.
.
Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru Di. 6(1), 45–49.
Ratnasari, R., Qomarudin, M., & Marlina, M. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–45.