Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi

Authors

  • Iswati Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Chusnul Rohaningsih SMPN 4 Tanjung Agung Muara Enim Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1093

Keywords:

Pembelajaran PAI, Pendekatan Humanistik, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Sekolah Inklusi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI melalui pendekatan humanistik pada ABK di SMK Negeri 3 Metro, Untuk mengetahui parameter keberhasilan Pembelajaran PAI pada ABK dengan pendekatan Humanistik serta untuk mengetahui Faktor pendukung dan  penghambat pembelajaran PAI pada ABK dengan pendekatan humanistik. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis

              Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran PAI melalui pendekatan humanistik pada ABK berada dalam kategori cukup efektif hal ini dapat dilihat dari pemberian perhatian khusus oleh guru PAI kepada siswa ABK sehingga mereka dapat mengikuti dan memahami pembelajaran dengan baik.  Keberhasilan PAI pada ABK dengan pendekatan Humanistik sudah ternilai cukup berhasil, hal ini dapat dilihat ketika dalam pembelajaran siswa merasa senang tidak dibedakan dengan siswa reguler, mereka dapat membaca iqro’, memahami huruf hijaiyah, dapat mengerjakan soal, progress siswa setelah pembelajaran lebih baik dibandingankan sebelumnya. Faktor Pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan humanistik seperti: adanya guru khusus yang khusus dari SLB, tenaga pendidik yang sudah mengikuti pelatihan Inklusi, sarana dan prasarana yang sudah disesuaikan untuk ABK, dukungan sekolah, dan adanya pendekatan humanistik. Faktor penghambat seperti  ABK mengalami kesulitan mendengarkan penjelasan saat  pembelajaran, guru belum ahli menggunakan bahasa isyarat, tidak adanya KKM yang baku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hadis, 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis,Bandung: Alfabeta.

Abdul Rahman, 2012. Pendidikan Agama Isam dan Pendidikan Islam, Jurnal Eksis, Vol. 8, No. 1.

Arif Maulana, 2020. Wawancara waka kurikulum SMK Negeri 3 Metro.

Baharudin, et.all, 2007.pendidikan Humanistik, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Bill Huitt, Humanistik Pendekatan Pengajaran, https://www.slideshare. net/ daedaehahimuratachibana/humanistik-pendekatan-pengajaran diakses pada 4 desember 2020.

CNNI Indonesia, Satu Juta Anak Berkebutuhan Khusus tidak bisa sekolah, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170829083026-20-237997/satu-juta-anak berkebutuhan-khusus-tak-bisa-sekolah diakses pada tanggal 7 november 2020

Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif, Jakarta: Av Publisher.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2010. Al-Qur’an Translit Latin Terjemah Indonesia, Jakarta:PT Suara Agung.

Desi Susanti, 2017. Pengembangan Pendidikan Agama Islam, Jurnal Edureligia, Vol.1, No.1.

Dinie Ratri Desiningrum, 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Psikosain.

Farida Agus setawati, Pendekatan Humanistik Dalam Bimbingan Konseling di Sekolah, file:///C:/Users/personal/Downloads/Documents/155223-ID-pendekatan-humanistik-dalam-bimbingan-ko.pdf di akses pada 4 desember 2018

Jejamo, Sejak 2011 SMK Negeri 3 Metro Terapkan Pendidikan Inklusi, https://www .jejamo.com/sejak-2011-smk-negeri-3-metro-terapkan-pendidikan-inklusi.html, diakses pada 15 november 2018.

Karwono, Heni mularsih, 2017. Belajar dan pembelajaran, Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Moh Shochib, 2010. Pola Asuh Orang Tua, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mohammad Sugiarmin,2006. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua, Bandung: ujung berung.

Muhammad Irham, Novan Ardy Wijaya, Psikologi Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Nandiyah Abdullah, Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus, http://www.academia. edu/35137970/Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus diakses pada 3 Desember 2018.

Nur’aeni, 2017. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Purwokerto: UM Purwokerto Press.

Nurul Istikhomah, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus Definisi, Ruang Lingkup, dan Model Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus , https://www.academia.edu /34730826/Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus Definisi, Ruang Lingkup, dan Model Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus diakses pada 15 Maret 2019.

Qomarudin, M., & Pd, M. (2019). Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. 6(2), 98–101.

Rohmat, 2020. Wawancara, Guru PAI SMK Negeri 3 Metro.

Rusnaili, 2020. Wawancara, guru pembimbing khusus (GPK) ABK dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Metro.

Sofy Ariany hasan, Muryantinah Mulyo Handayani, 2014.”Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Tuna Rungu di Sekolah Inklusi” Jurnal psikologi pendidikan dan perkembanganFakultas psikologi Universitas Airlangga surabaya Vol 3, No.2.

Syaiful Segala, 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran,Bandung: Alfabeta.

UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003, Sinar Grafika: Jakarta, h.2009.

Wahyuddin, 2016. Fungsi Pendidikan Islam Dalam Hidup dan Kehidupan Manusia, Jurnal UIN Alauddin, Vol. V, No. 2

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Iswati, I., & Rohaningsih, C. (2021). Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 81–91. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1093
Abstract Views: 1782 | File Views: 2030