Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1091Keywords:
Penerapan, Metode Muraja’ah, Menghafal Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sekolah dasar yang memperhatikan para penghafal Al-Qur’an yaitu SD Darussalam. Lulusan sekolah ini dapat menghafal juz 29 & 30. Dalam pembelajaran tahfidz disini menggunakan metode muraja’ah agar hafalan siswa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik yakni dari segi tajwid maupun makhrajnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an. Serta untuk mengetahui hasil dari penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru tahfidz dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an siswa di SD Darussalam yaitu: muraja’ah hafalan bersama-sama dan disimak guru, muraja’ah hafalan dengan teman, setoran muraja’ah hafalan yang lama dan baru kepada guru dan ujian hafalan Al-Qur’an. Hasil dari penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an siswa di SD Darussalam yaitu para siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai makhraj dan tajwid nya serta mampu untuk mengejar target hafalan yang diprogramkan di sekolah ini hingga hasilnya pun terus meningkat
References
Zawawie, Mukhlisoh. (2011). P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina.
Arham. (2014). Agar Sehafal Al-Fatihah (Trik dan Tips Jitu Menghafal Al-Qur’an Sekuat Hafalan Al-Fatihah). Bogor: CV Hilal Media Group.
Al-Ghautsani, Yahya. (2018). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Abdulwaly, Cece. (2019). Pedoman Muraja’ah Al-Qur’an. Sukabumi: Farha Pustaka.