Analisis Interaksi Sosial Siswa Sma Negeri 6 Purworejo Berdasarkan Tingkat Penggunaan Gadget
DOI:
https://doi.org/10.30599/5nk93n34Keywords:
Interaksi sosial, Siswa, Penggunaan gadgetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial siswa di SMA Negeri 6 Purworejo berdasarkan tingkat penggunaan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan 71 siswa kelas X sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34 siswa (47,8%) berada dalam kategori penggunaan gadget tinggi, 21 siswa (29,5%) dalam kategori sedang, dan 16 siswa (22,5%) dalam kategori rendah. Interaksi sosial siswa dengan penggunaan gadget tinggi cenderung lebih pasif dalam komunikasi langsung, sementara siswa dengan penggunaan gadget rendah lebih aktif berinteraksi. Studi ini menyimpulkan bahwa tingginya penggunaan gadget berdampak pada penurunan kualitas interaksi sosial siswa.
Downloads
References
Akbari, Siti, 2019. “Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa”. Skripsi, Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung).
Amri, M. I. A. U., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar Pada Situasi Pandemi Covid-19. Trapsilia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, 2 (2): 14-23.
Anggito, A. dan Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Aprilinda, Vina, 2018. “Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Kelompok B RA Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso”. Skripsi, Jember: Universitas Jember.
Damayanti, Riska Ayu Melinda, 2017. “Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal SDN Di Kecamatan Godean”. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Domitila, M. M.,Wulandari, F., & Marhayani, D. A. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar Negeri Kota Singkawang. Jurnal Ilmiah Potensia, 2021, 6. 2: 131-141.
Hernawan, A. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasa. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 1 (1), 53-62.
Jamun, Y. M., Wejang, H. E., & Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3 (1), 1-7.
Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307-316.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), 1-11. 10.31004/obsesi.v1i1.26
Prahastuti, Ika, 2019. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Purworejo”. Skripsi, Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Situmorang, D. Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 110-119.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv
WAHYU, W. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).
Winarni, Endang Widi. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iin Kurnia, Anita Rinawati, Cahyo Apri Setiaji, Lukman Fadhiliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.