Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI
DOI:
https://doi.org/10.30599/7pqrw618Keywords:
Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, Persepsi Kemudahan, E-Wallet, ShopeepayAbstract
Penelitian ini bersifat kuantitatif dan peneIitian ini bertujuan untuk menegtahui: 1) pengaruh persepsi kemudahan terhadap keputusan pengggunaan ewallet shopeepay, 2) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan penggunaan ewaIlet shopeepay. PeneIitian ini bersifat kuantitatif. PopuIasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan ekonomi yang menggunakan e-wallet shopeepay yang berjumlah 100 mahasiswa dengan metode purposive sampIing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (angket).HasiI analisis dalam peneIitian ini menunjukkan: 1) secara parsiaI t_hitung(3,951) > t_tabel (1,985) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh signifikan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan e-waIlet shopeepay. 2) secara parsiaI t_hitung (6,334) > t_tabel (1,985) dengan niIai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh signifikan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopeepay. 3)secara simuItan f_hitung (127,087) > f_tabel (3,089) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan e-waIlet shopeepay. Berdasarkan hasil uji R Syuare menunjukkan sebesar 71,8% variabel keputusan penggunaan (Y) dipengaruhi oIeh variabeI persepsikeudahan (X_1) dan kepercayaan (X_2). Sedangkan sisanya sebesar 28,2 persen dipengaruhi faktor lain diluar variabei X_1 dan X_2 yang tidak diteiiti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Fawzi, M., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Risiko, Kepercayaan Dan Efisien Terhadap Minat E-Wallet Saat Covid-19. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(9).
Fauji, D. A. S., & Widodo, M. W. (2020). Menakar eksistensi financial technology lending. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 4(3).
Indonesia, B. (2014). Apa Itu Elektronifikasi. bi. go. id.
Kirana, A. Y., Saifudin, M., Mukhlisin, M. M., Fatmawati, N., & Ansori, M. I. (2023). Transformasi digital terhadap sumber daya manusia sebagai upaya meningkatkan kapabilitas perusahaan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(4), 19-36.
Masitoh, F. N., & Rohmah, M. (2024). The Future Of Monetary Economics And Financial Institutions. Jurnal Kajian Ilmu Dan Teknologi (JKIT), 1(1), 35-42.
Masithoh, F. N., & Rohmah, M. (2024, November). Sustainable EcoDigital Innovations for MSMEs: Bridging Technology and Environmental Responsibility. In Proceeding ICAMEKA: International Conference Accounting, Management & Economics Uniska (Vol. 1, pp. 620-629).
Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., ... & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Rahma, T. I. F. (2018). Persepsi masyarakat Kota Medan terhadap penggunaan financial technology. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 184-203.
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e- wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157-168.
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e- wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157-168.
Rismalia, R., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Dana Di Universitas Esa Unggul.
SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan
Akuntansi, 1(3), 561-588.
Rohmah, M., Masitoh, F. N., & Sari, N. L. (2024, November). The Effect of Monetary Policy on the Implementation of Green Economy in the Banking Sector: A Case Study in Indonesia. In Proceeding ICAMEKA: International Conference Accounting, Management & Economics Uniska (Vol. 1, pp. 893-908).
Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sari, L. R., Anggraini, R., Kencanawati, M. S., & Sularto, L. (2022). Dampak Keamanan, Manfaat, Kepercayaan, Promosi, serta Kemudahan pada Keputusan Pemanfaatan Dompet Elektronik Shopeepay. Metik Jurnal, 6(1), 59-69.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risqi Anggraini, Imam Sujono2

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.