PERAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN MASYARAKAT OKU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v8i1.3260Keywords:
Pendidikan, EkonomiAbstract
Pendidikan merupakan hak masyarakat dan juga salah satu cara bagaimana mengatasi masalah kemiskinan dan mengubah pola pikir individu. Berbagai teori menjelaskan bahwa investasi pada bidang Sumber Daya Manusia memberikan nilai positif pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang pada suatu negara. Negara-negara maju mereka memiliki tingkat pendidikan yang baik dan juga tingkat ekonominya sedangkan negara-negara berkembang dan terbelakang cenderung memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan bagaimana pendidikan dengan tingkat ekonomi suatu masyarakat. Oleh sebab itu meningkatakan kualitas Sumber Daya Manusia itu sangat penting, salah satunya melalui pendidikan karena dengan pendidkan masyarakat mampu merubah taraf hidupnya sehingga masyarakat dapat terlepas dari yang namanya kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran pendidikan dapat mengentas kemiskinan masyarakat dengan menggunakan metode kualitatif yang melibatkan argument, pemikiran, dan logika dalam analisis data, dimana sumber data ini didapat dari media online seperti jurnal, e- book, dan artikel kemudian dikumpulkan lalu dianalisis secara deskriptif dan kritis. Setelah dilakukan analis data ditemukan bahwa, kini sudah banyak upaya pemerintah untuk mengentas kemiskinan masyarakat melalui pendidikan seperti beasiswa atau sekolah gratis bagi anak yang kurang mampu maupun anak yang berprestasi. Dengan adanya program dari pemerintah ini bisa memeberi upaya dalam pengentasan kemiskinan masyarakan Indonesia salah satunya di kabupaten Oku Timur.
Downloads
References
BPS OKU Timur.BAPPEDA LITBANG. 2021. Kupas Data Kemiskinan di BKM Radio. Oku Timur. Retrieved from https://okutimurkab.bps.go.id/news/2021/12/28/8/bps-oku-timur-dan-bappeda-litbang-kupas-data-kemiskinan-di-bkm-radio.html
Education Data Base – Educate Every Child On The Planet. Global Education Report 2023.Retrieved from https://worldtop20.org/education-database/
Gunawan, Heri (2012) Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Iternational Education Database, https://worldtop20.org/education-database/
Mengapa Finlandia Menjadi Negara Pendidikan Terbaik? Ini 9 Alasannya, https://fmipa.unj.ac.id/pfisika/mengapa-finlandia-menjadi-negara-pendidikan-terbaik-ini-9-alasannya-baca-artikel-detikedu-mengapa-finlandia-menjadi-negara-pendidikan-terbaik-ini-9-alasannya/
Ndaru, W. A. P. (2019). Mengenal negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 5, pp. 2104-2107).
Negara-negara Maju dan Sistem Pendidikan yang Diterapkan, https://www.educenter.id/sistem-pendidikan/
Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1980 Hingga 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/108705
Pratiwi, I. S. (2023). Relevansi Implikatur Percakapan Bermuatan Nilai Pendidikan pada Vlog Jerome Polin sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3).
Prayetno, S. (2017). Strategi Human Capital: Sebuah Paradigma Baru Bagi Para Eksekutif?. Jurnal STIE Ganesha (Manajemen dan Bisnis), 1(2), 97-113.
Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan pendidikan inklusi sebuah solusi di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109-115.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2011) Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
UNESCO, Sustainable development begins with education. Retrieved from https://en.unesco.org/gem-report/sites/default/files/UNGA_PR_en.pdf
Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207-215
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 feri andi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.