DAMPAK PEMBELAJARAN EKONOMI ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU MORALITAS EKONOMI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v8i02.2729Keywords:
Pembelajaran, Ekonomi Islam, Moralitas EkonomiAbstract
Implementasi kegiatan ekonomi dewasa ini telah mengarah kepada ekonomi liberlis/kapitalis dan hal ini telah menjadi sebuah permasalahan. Melalui pendidikan ekonomi terutama dalam pembelajaran ekonomi Islam harus hadir dan harus dilakukan dengan baik guna menamamkan nilai islam dalam kegiatan ekonomi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang pembelajaran ekonomi Islam di program Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta dampaknya kepada moralitas ekonomi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan metode kualitatif dengan pengambilan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekonomi Islam yang berlangsung pada mahasiswa semester empat pogram studi IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah berjalan dengan cukup baik. Dalam hal ini proses pembelajaran pada berbagai elemen pendukung berkontribusi pada keberhasilan ini. dikarenakan berbagai komponen pendukung dalam proses pembelajaran dapat terlaksana dan terpenuhi, selain itu pembelajaran ekonomi Islam mampu memberikan dampak pada perilaku ekonomi siswa. Perilaku ekonomi siswa tercermin dari moralitas perilaku ekonominya, yaitu mampu bertindak atau berperilaku ekonomi sesuai dengan nilai-nilai moral. Nilai moral yang terkandung dalam perilaku ekonomi siswa adalah dengan kemampuan siswa dalam memahami dan mengimplementasikan dalam bentuk kegiatan jual beli secara halal dan menghindari kegiatan ekonomi yang hukumnya haram.
Downloads
References
Akbar, M. A., & Ghufron, M. I. (2019). Sinkronisasi Ekonomi Pancasila Dan Ekonomi Islam. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(1).
Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya dengan transliterasi, Departemen Agama RI, Semarang: PT. Karya Toha Putra,t.t.
Alnashr, M. S., & Muzayyanah, M. (2016). Studi Komparasi Tentang Ekonomi Pancasila dan Ekonomi Islam. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 5(2), 193-216.
Etzioni, A. (1992) ‘Dimensi Moral Menuju Ilmu Ekonomi Baru’, PT. Remaja Rosdakarya [Preprint].
Hafizah, Y. (2016) ‘Kebijakan Ekonomi Indonesia Ditinjau dari Konsep Dasar Ekonomi Islam’, Millah: Jurnal Studi Agama, 4(2), pp. 31–46. Available at:
https://doi.org/10.20885/millah.vol4.iss2.art3
Indrayana, D. (2007). Amandemen UUD 1945: Antara mitos dan pembongkaran. Mizan Pustaka.
Komariah and Satori (2009) Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Magdalena, I. et al. (2020) ‘TIGA RANAH TAKSONOMI BLOOM DALAM PENDIDIKAN’, 2, p. 8.
Mayasari, M. (2021) ‘Rasionalitas dan Moralitas dalam Pembelajaran Ekonomi’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), p. 795. Available at: https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1566.
Nasution, N.W. (2017) ‘Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur.’, Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2, pp. 185–195.
Nuraeni, N.S. and Umaryati, S. (2019) ‘PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI ISLAM TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA IPS UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)’, I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance, 4(2). Available at: https://doi.org/10.19109/ifinance.v4i2.2613.
Rohmah, M. (2016, December). Ekonomi Kerakyatan Sebagai Landasan Pendidikan Ekonomi Indonesia. In National Conference on Economic Education.
Rohmah, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ekonomi. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 85-94.
Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Konstitusi di Indonesia: Kembali pada UUD 1945 Asli atau Tetap dalam UUD NRI 1945 di Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 257-269.
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif.
Sutiani, H. Mashudi. Witarsa. INTERNALISASI MORALITAS EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(2).
Sutiany, H. (2013) ‘INTERNALISASI MORALITAS EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNTAN’, p. 13. Wahyono, H. (2001) ‘Pengaruh Perilaku Ekonomi Kepala Keluarga terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga’, PPS-UM [Preprint].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yhadi Firdiansyah, Annisaa’ Fitri Aprillia, Mohamad Novan Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.