MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG KOMUNIKASI BISNIS DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2669Keywords:
Media Sosial, Teknologi, Komunikasi, Bisnis, Era-digitalAbstract
Di era digital ini kita mengetahui bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan digital sangat berdampak pada pengembangan bisnis saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi ini melahirkan pengembangan bisnis digital yang mana kini bisnis menggunakan digitalisasi berupa media sosial sebagai alat komunikasinya. Hadirnya media sosial memudahkan bisnis dalam melakukan komunikasi dengan konsumen/pelanggan, tidak hanya itu media sosial juga dijadikan sebagai sarana dalam melakukan pemasaran (marketing) oleh para pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Artikel ini ditulis dari serangkaian data yang diambil dari berbagai sumber dari internet yang dilakukan dengan merivew beberapa jurnal, buku dan website yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial dapat menjadi penunjang komunikasi dalam bisnis di era digitalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana pendeketan dilakukan dengan cara membandingkan beberapa jurnal dengan menariknya menjadi sebuah kesimpulan sehingga menjadi sebuah artikel yang baru dari penelitian terdahulu yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lainnya. Penelitian ini juga menggunakan systematic literatur review (SLR) yang mana teknik pengumpulan data diambil dari penelitian-penelitian terdahulu yang telah tervalidasi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana media sosial dapat menjadi penunjang dalam komunikasi bisnis di era digital.
Downloads
References
AQHAM, A. A. (2022). Apa Dan Bagaimana Peran Media Sosial Untuk Bisnis Anda? UNEVERSITAS STEKOM: Universitas Sains & Komputer. https://komputerisasi-akuntansi-
d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Apa-dan-Bagaimana-Peran-MediaSosial-Untuk-Bisnis-
Anda/ef0fe7be2421dcd006fcd976852510ae34c67503
Arianto, B. (2022a). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2),
–145. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/view/19025
Arianto, B. (2022b). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132–146. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148
Arifin, R. W. (2015). Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif. 2(2), 117–126.
Ayuh, E. T., & Yuliani, H. (2021). ANALISIS KOMUNIKASI BISNIS ONLINE SHOP MANTAN KARYAWAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Journal of Public Policy and Administration Silampari,
(1), 12–18.
Firmansyah, H., Pratiwi, N. I., Hardiyanti, S. E., Ratih, S. D., Muliyani, A., Bangun, R., Fitriana, Y., Utami, M. M., Abdurohim, D., Johassan, D. M.
R. Y., Sattar, Satria, F., & Sutrisno, G. (2022). Komunikasi Bisnis
(Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). In Widina Bhakti Persada: Vol. I.
Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung All.
Grizane, T., & Jurgelane, I. (2016). Social Media Impact on Business Evaluation. Procedia Computer Science, 104(December 2016), 190–196. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.01.103
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review.
Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Mellyan, M. (2020). SOCIAL MEDIA MARKETING; STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ERA DIGITAL (Studi Analisis Portal
TaniFund.com). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran
Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.350
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1),
https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. JURNAL SeMaRaK, 2(1).
https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2664
Santoso, J. T. (2021). No Title. UNIVERSITAS STEKOM. https://alumni.stekom.ac.id/artikel/ketahui-jenis-jenis-komunikasi-bisnis
Setiawati, I., & Mashuri, A. A. (n.d.). PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI
UPAYA PEMASARAN BISNIS ONLINE (STUDI DESKRIPTIF
KUALITATIF). https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Tj, H. W. (2019). KOMUNIKASI BISNIS DAN NEGOSIASI. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Triyana, I. G. N. (2018). Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 5(1), 79–90. https://doi.org/10.25078/gw.v5i1.614
Utami, B. A., & Kurnia. (2021). Komunikasi Bisnis melalui Social Media
Trust guna Meningkatkan Customer Engagement pada Pixy Cosmetic.
Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 46–53.
https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.116
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Yusuf Enril Fathurrohman. (2016). Peran Media Sosial Sebagai Ujung Tombak Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Seminar Nasional Pembangunan Pertanian, 1(69), 508–515.
Yusuf, M., Ichsan, R. N., & Karim, A. (2019). KOMUNIKASI BISNIS (Business Communication) (I). CV. Manhaji M e d a n.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadia Aprilia, Bambang Permadi, Faiz Aqila Izura Atanta Berampu, Suci Andini Kesuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.