DAMPAK DIGITALISASI BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BCA KCP HASANUDIN JAKARTA

Authors

  • Ikbal Sabilal Universitas Indraprasta PGRI
  • Darwin Hartono Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2366

Keywords:

digitalisai banking, kepuasan nasabah

Abstract

Teknologi pada saat ini bukan hanya diaplikasi, namun telah memasuki seluruh aspek kehidupan tak terkecuali dunia bank yang telah mulai memanfaatkan teknologi untuk pelayanan kepada nasabah. Dengan perkembangan teknologi saat ini, layanan bank mengalami perubahan drastic dan mengarah kepada layanan perbankan digital (digital banking). Layanan ini secara spesifik fokus kepada pemenuhan kebutuhan nasabah dengan memanfaatkan seluruhnya teknologi melalui perangkat (device) dan aplikasi (software) sebagai delivery channel. Sektor bank tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi. Perkembangan digitalisasi membuat pelaku bisnis di sektor industri jasa perbankan harus memahami kebutuhan dan prioritas masyarakat akan produk maupun jasa perbankan yang terus mengalami peningkatan. Saat ini dunia perbankan berlomba-lomba mengembangkan baik produk ataupun layanan berbasis teknologi. Makna penulisan penelitian ini adalah menganalisa dampak digitalisasi banking terhadap kepuasan nasabah pada BCA KCP Hasanudin Jakarta. Kategori penelitian adalah berkategori asosiatif dan kuantitatif sebagai pendekatannya. Adapun jumlah responden dalam penelitian adalah nasasbah BCA KCP Hasanudin Jakarta sebanyak 50 orang. Dengan demikian, maka seluruh nasabah bank dijadikan sebagai responden atau dinamai dengan istilah sensus atau sampel jenuh dalam sampling tekniknya. Instumen penelitian ini adalah kuesioner dengan dibantu skala likert dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu digitalisasi banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah yakni sebesar 66,8% sehingga dapat dimaknai bahwa apabila digitalisasi banking baik, maka nasabah akan merasa puas, senang, dan akhirnya loyal terhadap BCA. Adanya mesin digital yang ada di BCA (CS Digital, eService, dan Star Teller) dapat mengurangi antrian, menghemat waktu nasabah, mudah digunakan, fitur-fitur lengkap, tidak pernah terjadi gangguan sistem, dan dijamin keamanannya. Oleh karena itu, digitalisasi banking sudah sesuai dengan yang diharapkan nasabah serta dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas nasabah. Dengan pra syarat normalitas melalui uji liliefors dinyatakan data normal dengan demikian persebaran data yang didapatkan dinyatakan normal dan terdistribusi baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansah, R. (2022). Eksistensi Transaksi Keuangan Digital Di Masyarakat Kota Bengkulu Ditengah Pandemi Covid 19 (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Arie, S. S., SH, M., & Nasional, B. P. H. (2011). Laporan Kompendium Hukum Bidang Perbankan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta, 1-2.

Fikriah, N., & Hartono, D. (2023). Interaksi Kualitas Layanan dan Citra Koperasi Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Al-Hidayah Perguruan Diponegoro Unit Rawamangun. Utility:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(1), 30–38.

Hartono, D. (2020). Factors That Influence Income Inequality Distribution in Central Java Province. Literatus Journal, 2(2), 193–198.

Laporan Tahunan. https://www.bca.co.id/id/tentang-bca

Marlina, A., & Bimo, W. A. 2018. Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Inovator.

Maskun, S. H. (2022). Kejahatan Siber (Cyber Crime): Suatu Pengantar. Prenada Media.

Nasmah, N. (2020). Peningkatan Minat Nasabah Melalui Layanan Internet Banking BRI Ujung Lero (Analisis Manajemen Syariah) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

OJK. 2016. Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum.

OJK. 2018. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 12. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.

PT Bank Central Asia, Tbk. 2022. PT Bank Central Asia, Tbk. From PT Bank Central Asia, Tbk.: https://www.bca.co.id/id/tentang-bca

Rahmadhana, A. F. (2020). Pengaruh Pelayanan Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen.

Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada kepuasan nasabah perbankan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179-190.

Ristiawan, D., & Hartono, D. (2023). Dampak Kualitas Produk dan Responsibilitas bagi Kepuasan Konsumen di Perusahaan Omid Health Style. Utility:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(1), 1–9.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alf (p. 143).

Widodo, S. S. (2015). PERANAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM HUBUNGAN ANTARA TECHNOLOGY TRUST DENGAN MOBILE BANKING ADOPTION (Studi Pada Nasabah Bank CIMB Niaga Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Sabilal, I., & Hartono, D. (2023). DAMPAK DIGITALISASI BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BCA KCP HASANUDIN JAKARTA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(02), 124–132. https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2366
Abstract Views: 236 | File Views: 233