PERAN BUDAYA KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPOTENSI KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2166Keywords:
Budaya Kerja Kepala Sekolah, Pemecahaan Masalah, Strategi Pembelajaran GuruAbstract
Sekolah berkualitas menunjukkan kepemimpinannya menjalankan budaya kerja
kepala sekolah secara efektif untuk mencapai visi dan misi sekolah. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan peran budaya kerja kepala sekolah terhadap peningkatan kompotensi kinerja
guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru berjumlah 4 orang. Pengumpulan data saat
penelitian dengan cara wawancara dan dokumentasi, kemudian setalah data diperoleh
dianalisiskan mengunakan analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data, pengelompokannya,
memilih dan memilih data, kemudian melaporkannya. Hasil penelitian menujukan bahwa
budaya kerja kepala sekolah terhadap peneningkatan kompotensi kinerja guru dengan cara
menyediahkan serana dan prasarana serta mendorong guru ikut serta dalam pelatihan yang
diselenggarahkan di dalam maupun di luar sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa budaya kerja kepala sekolah yang optimal mampu meningkatkan kompotensi kinerja
guru dalam penggunaan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Downloads
References
Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal :Tarbawi, 2(02), 86–96
Girsang, E. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada
Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal : Kajian
Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162.
https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122
Harahap, R. D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Motivasi Mengajar Guru Di Smp N 2 Sigambal. Jurnal : Eduscience,
(1), 47–52. https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.892
Meleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja
Rosda Karya.
Nilasari, S. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin
Kerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana
Universitas PGRI Palembang., 1(2), 274–282.
Oktaviani, C. (2015). Peran Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja
Guru. Manajemen Pendidikan, 9(4), 613–617.
Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera
Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. EJournal : Administrasi
Negara, 1(1), 210–224.
Rahayuningsih, Y. S. I. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0.
Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626
Riyanta, T. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui
Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY,
(2), 114301.
Safitri, Y. (2020). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Di SMA Negeri 1.
Trisnawati, destya dwi. (2013). Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab
Siswa SMA Khadijah Surabaya Melalui Tata Tertib Sekolah. Kajian
Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.
Waruwu, M. (2021). Analisis Implementasi Prinsip Empowerment Pada
Kepemimpinan Kepala Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6),