PERAN BUDAYA KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPOTENSI KINERJA GURU

Authors

  • Firmansyah Firmansyah Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Patompo Makassar, Indonesia
  • Arif Tiro Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Patompo Makassar
  • Hartini Hartini Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Patompo Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2166

Keywords:

Budaya Kerja Kepala Sekolah, Pemecahaan Masalah, Strategi Pembelajaran Guru

Abstract

Sekolah berkualitas menunjukkan kepemimpinannya menjalankan budaya kerja
kepala sekolah secara efektif untuk mencapai visi dan misi sekolah. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan peran budaya kerja kepala sekolah terhadap peningkatan kompotensi kinerja
guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru berjumlah 4 orang. Pengumpulan data saat
penelitian dengan cara wawancara dan dokumentasi, kemudian setalah data diperoleh
dianalisiskan mengunakan analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data, pengelompokannya,
memilih dan memilih data, kemudian melaporkannya. Hasil penelitian menujukan bahwa
budaya kerja kepala sekolah terhadap peneningkatan kompotensi kinerja guru dengan cara
menyediahkan serana dan prasarana serta mendorong guru ikut serta dalam pelatihan yang
diselenggarahkan di dalam maupun di luar sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa budaya kerja kepala sekolah yang optimal mampu meningkatkan kompotensi kinerja
guru dalam penggunaan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal :Tarbawi, 2(02), 86–96

Girsang, E. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada

Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal : Kajian

Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162.

https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122

Harahap, R. D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan

Motivasi Mengajar Guru Di Smp N 2 Sigambal. Jurnal : Eduscience,

(1), 47–52. https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.892

Meleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja

Rosda Karya.

Nilasari, S. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin

Kerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana

Universitas PGRI Palembang., 1(2), 274–282.

Oktaviani, C. (2015). Peran Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja

Guru. Manajemen Pendidikan, 9(4), 613–617.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera

Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. EJournal : Administrasi

Negara, 1(1), 210–224.

Rahayuningsih, Y. S. I. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam

Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0.

Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626

Riyanta, T. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui

Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY,

(2), 114301.

Safitri, Y. (2020). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan

Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Di SMA Negeri 1.

Trisnawati, destya dwi. (2013). Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab

Siswa SMA Khadijah Surabaya Melalui Tata Tertib Sekolah. Kajian

Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.

Waruwu, M. (2021). Analisis Implementasi Prinsip Empowerment Pada

Kepemimpinan Kepala Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6),

–3727. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1232

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Firmansyah, F., Tiro, A., & Hartini, H. (2023). PERAN BUDAYA KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPOTENSI KINERJA GURU. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 10–18. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2166
Abstract Views: 129 | File Views: 281