PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA KOPERASI TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN AL-HIDAYAH PERGURUAN DIPONEGORO UNIT RAWAMANGUN

Authors

  • Nurul Fikriah Universitas Indraprasta PGRI
  • Darwin Hartono Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.1714

Keywords:

Kualitas produk, Responsibilitas, Kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan dan citra koperasi terhadap loyalitas anggota koperasi karyawan Al-Hidayah Perguruan Diponegoro Unit Rawamangun Jakarta. Kategori penelitian ialah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini adalah anggota koperasi karyawan yang berjumlah 60 orang. Dengan jumlah tersebut, maka semua diambil sebagai responden pada penulisan artikel ini dan dinamakan sensus atau sampel jenuh sebagai teknik samplingnya. Instumen yang digunakan adalah kuesioner dengan dibantu skala likert dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu secara serempak atau bersama-sama terdapat pengaruh positif antara kualitas layanan dan citra koperasi terhadap loyalitas anggota koperasi karyawan. Sedangkan secara parsial atau individu, terdapat pengaruh positif antara kualitas layanan terhadap loyalitas anggota koperasi karyawan dan juga terdapat pengaruh positif antara citra koperasi terhadap loyalitas anggota koperasi karyawan. Dengan menggunakan uji pra syarat data dengan uji liliefors didapatkan hasil normal atau dapat dikatakan bahwa persebaran data dari seluruh jawaban responden terdistribusi secara normal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina. 2018. Pengaruh Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BANK BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Jurnal Ilmial Ekonomi dan Pembelajarannya, Vol. 6, No. 2.

Cholifatul, Ilmi. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. (Studi Kasus Pada Koperasi Pemuda Buana “KOPENA” Cabang Pemalang).

Dewi. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Sari Jaya Sedana di Klungkung. Warmadewa Economic Development Journal, Vol. 2, No. 1.

Dharma. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Vol. 6, No. 1.

Hermawan, Andi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Koperasi Terhadap Loyalitas Anggota Di Koperasi Pegawai Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Marlyna. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Panin,Tbk. Di Kota Batam.

M. Rizalfalal., M. Hufron., Fahrurrozi Rahman. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank Bri Kcp Unit Lawang). In Seacrh Journal, Riset Manajemen, Vol. 09, No. 09.

Mutmainnah. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 10, No. 2.

Putri. 2019. The Influence of Satisfaction on Service Quality and Interest Rate on Customer Loyalty Deposit at BPR LPN Pasar Baru Sawahlunto. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol. 3, No. 1.

Subagja & Susanto. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 7, No. 1.

Wasiman. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Perusahaan Property Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen UPB, Vol. 5, No. 2.

Yasin, Nur. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Koperasi Terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal Wat Tamwil Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada KSPPS BMT KARISMA Magelang).

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Fikriah, N., & Hartono, D. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA KOPERASI TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN AL-HIDAYAH PERGURUAN DIPONEGORO UNIT RAWAMANGUN. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 30–38. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.1714
Abstract Views: 281 | File Views: 306