PENINGKATAN KINERJA GURU HONORER MELALUI PELATIHAN LUARSEKOLAH SMPN 2 SEGERI
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v6i01.1691Keywords:
Strategi, Pemecahan Maslah, Kinerja Guru HonorerAbstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan peningkatan kinerja guru honorer melalui
pelatihan luar sekolah SMPN 2 Sageri. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif
mengunakan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian kepala sekolah dan dua guru
honorer. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini
menujukan peningkatan kinerja guru honorer dengan memberikan ruang pada guru honorer
supaya dapat berpartisipasi aktif dalam pelatihan luar sekolah, pemberian insentif bagi guru
honorer yang berprestasi, dan melakukan musyawarah guru mata pelajaran. Pelatihan luar
sekolah yang diikuti guru honorer diantaranya pendidikan profesi guru.
Downloads
References
Agustin, N. (2021). Pengembangan Instrumen Kepuasan Kerja Guru Honorer.
Pendiiikan Indonesia, 2(5), 876–885.
Fitria, S., & Nio, S. R. (2020). Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Pada
Guru Honorer SMA Swasta Buki tinggi. Proyeksi, 15(2), 131.
https://doi.org/10.30659/jp.15.2.131-140
Foster, B. (2021). Peran Pelatihan Ketahanan Dan Motivasi Bagi Peningkatan
Kinerja Guru Honorer DI Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Comunita
Servizio, 3(1), 517–525.
Hartawi. (2017). Analisis Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kompetensi
Terhadap Kinerja Guru Dengan Mediasi Kepuasan Kerja. In Fakultas
Pascasarjana, Universitas Stikubank Semarang.
Peri. (2018). Analisis Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru
Honorer SMKS Panca Bhakti Sungai Raya. In Penelitian, Artikel.
Yuliansyah, M., Jarkawi, Herman, M., & Junaidy. (2021). Strategi Pemimpin
Dalam Mendorong Kinerja Guru SMAN 8 Kota Banjarmasin. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(03), 437–444.
Abbas, E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap
Kinerja Guru, Jakarta: Gramedia.
David, R Fred (2011).“Strategic Management : Concept and Cases”13ed.
Pearson Education Inc, Publishing as Pretentice Hall Upper Saddle
River, New Jersey 075458, USA.
Kempa, R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Studi Tentang Hubungan
Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Manajemen
Konflik, Daya Tahan Stres Dengan KinerjaGuru. Yogyakarta: Ombak.
Mangkunegara, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Nugroho,dkk. (2017). Kinerja guru honorer dalam pembelajaran di
SMP.Manajer Pendidikan, Volume 11, Nomor 1, Maret 2017, hlm. 8-
Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Rusdin. (2017). Pendidikan dan pelatihan sebagai sarana peningkatan
Kompetensi guru di smp negeri 02 linggang bigung. Jurnal
Administrative Reform, Vol. 5, No. 4, Desember 2017 (200-212)
ISSN:2337-7542.
Saihu, s. (2019). Pendidikan pluralisme agama: kajian tentang integrasi
budaya dan agama dalam menyelesaikan konflik sosialkontemporer.
Jurnal indo-islamika, 9(1),67-90.
Saihu, aziz, a., mubin, f., & sarnoto, a. Z. (2020). Design of islamic education
based on local wisdom (an analysis of social learning theories in
forming character through ngejot tradition in bali). International
journal of advanced science and technology, 29(6), 1278–1293.
Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai : Teori Pengukuran dan
Implikasi.Yogyakarta : GrahaIlmu.
Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai : Teori Pengukuran dan Implikasi.
Yogyakarta : GrahaIlmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Patta, Rego Devilla, Eka Apriyanti, Muh Fhareza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.