Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Kemampuan Koneksi Matematika, Berpikir Reflektif, Dan Representasi Matematis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3256Keywords:
Discovery Learning, koneksi matematika, berpikir reflektif, representasi matematis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Discovery Learning berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online. Metode pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Sampel penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbasis pada kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran online efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematika, berpikir reflektif, dan kemampuan representasi matematis mahasiswa sebesar 76%.
Downloads
References
A’dadiyyah, Nurul Layalil. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika p-ISSN : 2620 – 6447 e-ISSN : 2620 – 6455 https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462 40.
_____________________. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika p-ISSN : 2620 – 6447 e-ISSN : 2620 – 6455 https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462 40.
Amri, Fahimul. (2022). Persepsi Siswa tentang Aplikasi Teknologi yang Digunakan dalam Pembelajaran Online. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 250 – 258 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Andriani, A., Silviani, R., Rista, L., & Eviyanti, C. Y. (2021). Penggunaan Media Game Matematika Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 501–509. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.406
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125.
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-Dumath, 2(1), 128–137.
Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 18.
Daroini, Ahmad Faizun dan Herlia Alfiana. Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 6, No. 1, Maret 2022 DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4604 This is an open access article under the CC–BY-SA license 1.
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk
Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36.
Https://Doi.Org/10.17509/Md.V10i2.3180.
Hendriana, H., Slamet, U. R., &Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Listyotami, M.K. (2021). Evaluasi Keterampilan Koneksi Matematika dengan Blended Learning di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwi Sakti Baturaja.
_______________. Analisis Kecemasan Matematika dan Self Efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824.
Noer, Sri Hastuti. 2010.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. S3 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurfitriyanti, M., Rita Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.31629/Jg.V5i1.1665
Putriana, Canthika, dan Noor. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 2, No. 1, Juni 2021, pp: 1~6 p-ISSN: 2723-1208, e-ISSN: 2723-1194
e-mail: [email protected], website: jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus.
Pendy, Agnes, dkk. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 19 – 27 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education.https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi belajar. Jakarta:Raya Grafindo Perkasa.
Tarawneh, Ahmed Abdallah Al-. 2015. Reflective Thinking and its Relationship with Future Problem Solving for Mutah University Students. British Journal of Humanities and Social Sciences. July 2015, Vol. 13 (2).
Vrasidas, C. 2000. Constructivism versus objectivism: Implications for interaction, course design, and evaluation in distance education. International Journal of Educational Telecommunications, 6(4), 339-362.
Widdiharto, Rachmadi. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Makalah Disampaikan Pada Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: dinas pendidikan nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEGA KUSUMA LISTYOTAMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.