Self-Regulated Learning dalam Proses Belajar Matematika Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30599/trigonometri.v1i1.3253Keywords:
Self-regulated learning (kemandirian belajar)Abstract
Artikel ini merupakan hasil kajian teoritis mengenai Self-regulated learning (kemandirian belajar). Ada 3 indikator Indikator Self-Regulated Learning dalam belajar matematika sekolah pada indikator, yaitu 1) individu merancang proses belajar matematika sesuai pola belajarnya sendiri sesuai dengan keperluan atau tujuan individu yang bersangkutan, 2) individu memilih strategi yang tepat dalam mencari penyelesaian soal matematika untuk melaksanakan rancangan belajarnya, kemudian 3) individu memantau kemajuan belajarnya sendiri, mengevaluasi hasil belajarnya dan dibandingkan dengan standar hasil pada mata pelajaran matematika. Struktur mata pelajaran matematika menuntut peserta didik untuk lebih menerapkan Self-regulated learning (kemandirian belajar).
References
Apriyani, N. (2022) ‘Pendidik Matematika’, 3(1), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.32923/lenternal.v3i1.2275.
Depdiknas. (2004). Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Hadianto, Umar. (2009). Efektivitas Pembelajaran kooperatif dengan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Surakarta: UNS
Kusumawati Rosita. (2011). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY
Mahmudi Ali. (2009). Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY press.
Martha Riana Panjaitan, (2013)Jurnal Ilmiah tentang Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar MatematikaDitinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di SMP N 3 Salatiga, UKSW
Poerwadarminto W.JS. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tahar Irzan, Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurwinda Apriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.