Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473Keywords:
Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Energi TerbarukanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan: Turbin Axis Horizontal dan Kincir Air. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII sebagai kelas eksperimen dan XII sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design. Hasil penelitian diuji menggunakan Independent Sample T-Test dan Effect Size. Hasil penelitian yaitu kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 42% dengan kategori kurang kreatif, sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 72% dengan kategori kreatif. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan nilai effect size r sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan.
Downloads
References
Alawiyah, M., Sudarti, & Prihandono. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan bahan bekas terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar mata pelajaran IPA di MTs Jenggawah. Jurnal Education, 2(1), 37-40.
Cawi, I., Marhaeni., Gede, R. (2014). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar menggambar layout dengan kovariabel kecerdasan spasial dan kecerdasan logis Matematis. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 4(1), 21-25.
Dewi, R. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA N Banguntapan. Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 5-10.
Fikriyah. (2015). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) disertai media audio-visual dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181-186.
Griffin, P., McGaw, B. & Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer, New York.
Kurniawati. (2017). Pembelajaran SAINS bermuatan karakter ilmiah dengan alat peraga barang bekas dan assesmen kerja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 49-59. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8866
Maula. (2014). Pengaruh PjBL (project based learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Jurnal Universitas jawa barat, 3(2), 12-16.
Novita, D., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran materi segitiga di kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-12.. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.
Sari, D. N., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa melalui elektroskop sederhana. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) , 4(1),19-24.
Scott, C.L. (2015). The Futures of Learning 2: What kind of learning for the 21st century?. Jurnal Unesco Education Research and Foresight, 14(2), 2-7.
Slameto. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran make a match berbantu media gambar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2-5.
Sopan, D. (2015). Upaya peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik menggunakan metode Project based learning pada siswa Kelas VIII G SMPN 1 Trucuk Kab. Klaten. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 4(2), 18-21.
Subagia,. & I Wayan. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 8-15.
Sugiarti, A. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada sub tema keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Universitas Negeri Pasundan Bandung, 3(2), 15-24.
Titu, M. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Jurnal refleksi Edukatika, 6(1), 177-178.
Triani, W. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2(1), 8-9.
Widiyatmoko, A., & S. D. Pamelasari. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51-56.
Widyastuti, I. (2016). Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Tanjungpura Pontianak. 3(1): 3-5.