KAJIAN STRUKTURAL PADA PUISI “KEKASIHKU” KARYA JOKO PINURBO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA PADA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.30599/5akg4035Keywords:
Puisi, Pembelajaran, Kajian StrukturalAbstract
Artikel ini membahas kajian struktural pada puisi “Kekasihku” karya Joko Pinurbo. Fokus pembahasan artikel ini mendeksripsikan struktur fisik dan struktur batin puisi yang diuraikan dengan teliti berupa kata, kalimat dan wacana. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Sumber data yang digunakan sebagai Objek penelitian yaitu salah satu puisi yang terdapat dalam buku kumpulan puisi “kekasihku” karya Joko Pinurbo, yang terbit pada tahun 2004. Hasil dan pembahasan pada artikel ini memuat (1) struktur fisik pada puisi meliputi: (a) diksi, (b) imaji, (c) majas, (d) kata konkret, (e) rima/irama, dan (f) tipografi. Struktur fisik yang mendominasi yaitu diksi sederhana dengan menciptakan aktifitas komunikatif dan tidak menghilangkan nilai estetika pada puisi. (2) Struktur batin pada puisi meliputi: (a) tema, (b) nada, (c) rasa, (e) amanat. unsur yang mendominasi struktur batin puisi yaitu rasa yang menciptakan pengalaman batin melalui tulisan serta dapat dikaitkan dalam pembelajaran sastra di SMA.
Downloads
References
Doyin, M. (2024). Pembelajaran Sastra di SMA dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa & Sastra Indonesia (PIBSI XLVI), Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Fitriani, N. (2017). Analisis Struktural dalam Pembelajaran Sastra: Studi Kasus pada Puisi Karya Chairil Anwar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 123-135
Joko Pinurbo. (2004). Kekasihku. Jakarta: Gramedia.
Namatilara, S. (2023). Analisis Materi Puisi pada Buku SMA Kelas X Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putra, K. (2020). Gaya Bahasa dan Diksi dalam Puisi-Puisi Joko Pinurbo: Sebuah Analisis Stilistika. Jurnal Sastra Kontemporer, 8(1), 45-57.
Rahmanto, B. (2004). Pendidikan Sastra di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (1986). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Waluyo, H. J. (2002). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, D. (2019). "Pengaruh Pendekatan Struktural terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Analisis Puisi." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 45-55.
Wulandari, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Sastra Berbasis Analisis Struktural pada Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 89-102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Putra Herlambang, Munaris, Mulyanto Widodo, Farida Ariyani, Siti Samhati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.