Analisis Puisi Pemandangan Senja Kala Karya WS Rendra : Kajian Stilistika
DOI:
https://doi.org/10.30599/e419q669Keywords:
Puisi, Karya Sastra, StilistikaAbstract
Puisi merupakan keindahan yang diciptakan melalui tulisan dengan pilihan kata dan gaya bahasa yang khas dan bervariatif yang menimbulkan efek keindahan. Puisi bukanlah hanya sekedar kata-kata yang indah, melainkan terdapat sebuah rima membentuk kalimat yang membentuk tiap bait sehingga membentuk satu susunan. Puisi memiliki makna yang tersirat, yang pada akhirnya tersirat juga dalam pemaknaanya bergantung pembaca. Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa dan pemilihan kata atau diksi yang digunakan pada puisi "Pemandangan Senjakala" Karya W.S Rendra dengan pendekatan stilistika. Stilstika adalah pendekatan yang mengkaji penggunaan bahasa dan gaya bahasa di dalam karya sastra, yang salah satunya puisi. Dalam puisi "Pemandangan Senjakala" terdapat beberapa pilihan kata yang abstrak sehingga membuat pembaca berusaha dengan seksama dalam menafsirkan puisi ini. Puisi ini menonjolkan tentang dampak yang terjadi dalam peperangan, sehingga puisi ini bisa dikatakan sebagai puisi yang selalu eksis karena dunia saat ini selalu adanya konflik peperangan maupun penjajahan. Penyair tidak sembarangan hanya memberikan keindahan dalam gubahan puisinya melainkan ada makna yang ingin disampaikan dari sumbernya dari dunia pikiran penulis. Stilistika sangat penting bagi studi linguistik, maupun studi kesusastraan. Stilistika dapat memberikan sumbangan penelitian gaya bahasa yang merupakan unsur pokok untuk mencapai berbagai bentuk pemaknaan karya sastra, karena karya sastra tidak lepas dari penggunaan gaya bahasa dan keindahannya. Pada karya tulis ilmiah ini yang akan dikaji dengan pendekatan stilistika ialah puisi berjudul "Pemandangan Senjakala" karya WS Rendra merupakan sebuah puisi dari kumpulan puisi WS Rendra yang dimuat di bukunya yaitu Blues untuk Bonnie. Penulisan karya ilmiah ini diharapkan dapat membantu pembaca memahami tiap kata, larik dan bait puisi serta dapat merefleksikan di kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Amalia, A. K., & Fadhilasari, I. (2022). Buku Ajar Sastra Indonesia. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2016). KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Dewi, P. C., & Rahman, F. A. S. (2022). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dan Majas dalam Album Lagu “Ego dan Fungsi Otak” Fourtwnty. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(3), 33–38. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.653
Dhapa, D., & Febronia Novita. (2022). Majas Metafora dalam Puisi-puisi karya Bara Pattyradja. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2), 137–144. https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.485
Felta, L. (2021). Kajian Stilistika (Komponen Kajian Stilistika). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2857
Hardianto, M., Widayati, W., & Sucipto, S. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa pada Naskah Pidato Presiden Soekarno. Fonema, 4(2), 88–101. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.761
Harimurti, K. (2008). Kamus Linguistik: Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hendri, H., & Ahmadi, A. (2023). Analisis Amanat Dan Unsur Intrinsik Puisi “Kepada Peminta Minta” Karya Chairil Anwar. MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Dan Asing, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55681/memace.v1i1.659
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Eduedia.
Literarydevices.net. (2023). Simbolisme Kelelawar dalam Sastra. Literarydevices.Net. https://literarydevices.net/bat-symbolism/
Mabruri, Z. K., & Ratnasari, S. D. (2015). Majas dan Citraan dalam Kumpulan Puisi Blues Untuk Bonnie Karya W.S. Rendra dan Pemakaiannya. Culture, 2(1), 133–150.
Munir, S., Haryati, N., Dan Mulyono, S., Bahasa, J., Indonesia, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2013). Diksi Dan Majas Dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno W.S: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi
Muntazir, M. (2017). Struktur Fisik dan Struktur Batin Pada Puisi Tuhan, Aku Cinta Padamu Karya WS Rendra. Jurnal Pesona, 3(2), 208–223. https://doi.org/10.26638/jp.448.2080
Nasional, P. (1993). Manuskrip Puisi Blues Untuk Bonnie W.S Rendra. Jakarta: Penerbit Pustaka Jaya.
Novianti, E. (2022). ANALISIS KAJIAN STILISTIKA DAN MAKNA PADA. Ta’arim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(3), 86–93.
Nurgiyantoro, B. (2018). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pamot, S. (2015). Dua Puluh Malaikat Bergantian Menjaga Manusia. Blog-Maspamot.Logspot.Com. https://blog-maspamot.blogspot.com/2015/06/dua-puluh-malaikat-bergantian-menjaga.html
Pradopo, R. D. (2020). Stilistika. UGM Press: Yogyakarta.
Risna, A. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Suarta, I. M. (2022). Pengantar bahasa dan sastra Indonesia. In Pustaka Larasan.
Supriyanto, T. (2009). Stilistika Dalam Prosa. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, H. G. (2011). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa CV.
Umaroh, Z., Mustofa, & Barokati, N. (2021). Stilistika Dalam Antologi Doa Untuk Anak Cucu Karya W.S Rendra. Jurnal Pentas, 35(3), 49–54.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.
Yanuarti, R. (2017). Analisis Semiotik Pesan Non Verbal Melalui Teater Dalam Pertunjukan Bib-Bob Karya W.S Rendra. Universitas Islam Negeri Syarif hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Repki, Muhammad Fuad, Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto, Siti Samhati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.