Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3440Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa calon guru, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) , Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (metode campuran) dengan pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA yang ada di Kabupaten Sumbawa yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup baik tentang konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka, namun masih menghadapi kendala dalam penerapan strategi pembelajaran yang inovatif dan penilaian berbasis kompetensi. Kesimpulannya, kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru perlu ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif agar mampu menerapkan Kurikulum Merdeka secara efektif.
Downloads
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Baihaqi, M. F. ., & Utama, R. D. H. . (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5443–5448. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28097
Destiana, B, & Utami, P. (2017). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Vokasional Pada Pembelajaran Abad 21. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 1-12
Hartono, A. (2024). Manajemen Kelas dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 45-60. https://doi.org/10.2345/jmp.v15i1.2345
Indrawan, D., & Marvida, T. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.6
Johnson, M., Smith, K., & Williams, L. (2021). Teacher Preparedness and Confidence in Implementing New Curricula: A Comparative Study. International Journal of Educational Research, 70, 23-35. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.100689
Maulidiyah, H. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sdn Songgokerto 03 Kota Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora(JPTWH), 1(3), hlm. 375-397, https://jurnal.widyahumaniora.org
Meisin, & Tika. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/13974
Merdekawati, Ana. (2021). Kinerja Guru Sekolah Dasar di Daerah Terpencil. 11(2), 107-114, https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2.512,
Mohammed. (2023). Theory and Practice of Differentiated Learning Model Implementation of the Independent Learning Curriculum. http://repo.uinsatu.ac.id/35168/1/TEORI%20DAN%20PRAKTIKMODEL%20PEMBELAJARAN%20BERDIFERENSIASI.pdf
Nurlela, M., & Amelia, P. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Paud Terhadap Kemampuan Manajerial Kelas. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-21. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v2i1.1332
Purnawanto. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116
Sari, N., & Widodo, P. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Studi Kasus Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 123-137. https://doi.org/10.2423/jtp.v8i3.9123
Smith, J. (2020). Competence-Based Education: Implications for Curriculum Design and Teacher Training. Journal of Curriculum Studies, 52(4), 456-472.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.317
Suprihatin, S., & Kusmawati, H. . (2023). Strategi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 Di Sd Islam Kauman. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 895–900. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.22677, 11(2), 85-97. https://doi.org/10.1234/jpp.v11i2.5678
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ana Merdekawaty, erma Suryani, Nurhairunnisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.