Demokrasi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3250Keywords:
Demokrasi;, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis demokrasi pendidikan Islam di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) konsep dasar demokrasi pendidikan Islam meliputi; pengertian demokrasi pendidikan, pendidikan Islam sebagai landasan demokrasi pendidikan, menekankan nilai-nilai keadilan, pemikiran kritis, musyawarah, kepemimpinan adil, keterbukaab terhadap keragaman, pendidikan karakater dan pemberdayaan individu. (2) prinsip-prinsip demokrasi pendidikan Islam mencakup musyawarah, keadilan kebebasan berpendapat, transparansi. (3) Implikasi bagi dosen dan tenaga kependidikan termasuk partisipasi dalam pengambilan keputusan, kebebasan akademik, pengelolaan sumber daya, pengembangan berpikir kritis, pengembangan kurikulum, dan tanggung jawab sosial. Bagi mahasiswa, implikasinya melibatkan partisipasi aktif, pengembangan keterampilan demokrasi, riset, nilai-nilai demokratis Islam, serta pertumbuhan pribadi dan spiritual. (4) Tantangan dan hambatan melibatkan regulasi, intoleransi, pengaruh eksternal, keterbatasan sumber daya, dan tantangan multikulturalisme. Integrasi prinsip-prinsip demokrasi dengan nilai-nilai Islam diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang demokratis di perguruan tinggi.
Downloads
References
Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339
Ardimen, et. al. (2018). Penguatan Budaya Meneliti. Ta’dib, 21(2), 75–85. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/FilePengajuanArtikel?id=50
Astari, A. (2021). POLITIK HUKUM PELARANGAN DEMONSTRASI MAHASISWA MELALUI SURAT EDARAN KEMENDIKBUD NO. 1035/E/KM/2020 DI MASA PANDEMI. Jurnal Hukum Unissula, 37(1), 50–68. https://doi.org/10.26532/jh.v37i1.15846
Back, L. T., & Keys, C. B. (2020). Developing and testing the College Student Empowerment Scales for Racial/Ethnic Minorities. Journal of Community Psychology, 48(2), 482–502. https://doi.org/10.1002/jcop.22257
Basri. Nawang Retno Dwiningrum. (2019). Potensi Radikalisme di Perguruan Tinggi. JSHP, 3(1), 84–91. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/546/437
Brüssow, H. (2022). On opinion, freedom of speech and its responsibilities. Microbial Biotechnology, 15(10), 2507–2517. https://doi.org/10.1111/1751-7915.14119
Bunyamin. (2017). KONSEPSI MUSYAWARAH DALAM AL-QUR’AN. Al-‘Adl, 10(1), 35–50. https://dx.doi.org/10.31332/aladl.v16i2
Conger, J. A. (2003). Motivate Performance through Empowerment.
Davies, M., & Barnett, R. (2015). The Palgrave handbook of critical thinking in higher education.
Drerup, J. (2019). Education for Democratic Tolerance, Respect and the Limits of Political Liberalism. In Journal of Philosophy of Education (Vol. 00, Issue 0). https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1111/1467-9752.12337
Fajri, H. (2021). Demokrasi Pincang Analisis Terhadap Indeks Demokrasi Provinsi Sumatera Barat Pasca Reformasi. El-Riyasah, 12(1), 108–128. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/13303/6616
Ferkany, M., & Creed, B. (2014). INTELLECTUALIST ARISTOTELIAN CHARACTER EDUCATION: AN OUTLINE AND ASSESSMENT. http://www.jubileecentre.ac.uk/432/character-education.
Hanafi, M. (2014). PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/islamuna/article/view/572/554
Harahap. (2016). Refleksi Dinamika Kebebasan Akademis dalam Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/621/324
Harriger, K. J. (2014). Deliberative Dialogue and the Development of Democratic Dispositions. New Directions for Higher Education, 2014(166), 53–61. https://doi.org/10.1002/he.20095
Haryanto, S. (2020). INTERNALISASI NILAI DEMOKRASI DAN HUMANISME. Paramurobi, 03(02), 114–128. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/2860/1702
Jalil, A. (2020). Kompatibilitas Islam Dan Demokrasi Tantangan Dan Hambatan Demokratisasi Di Dunia Islam. Andragogi, 8(2), 430–455. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.121
Lalu Muhammad Nurul Wathan. (2020). Akhlak Tasawuf_ Menyelami Kesucian Diri - Lalu Muhammad Nurul Wathoni - Google Buku (Dony Hendriawan, Ed.; Pertama). Forum Pemuda Aswaja.
Maxcy, S. J. (1985). The Democratic "Myth ’ ’ and The Search for a Rational Concept of Education. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.1985.tb00113.x
Muhammad Hanafi. (2013). CITA HUKUM. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/citahukum
Muhtarom, A., Pada, D., Manajemen, J., Islam, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Agama, I., Negeri, I., Hasanuddin, M., & Abstrak, B. (2009). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN PROFESIONLITAS DOSEN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM PROVINSI BANTEN. http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,44239-
Ng, J., Hu, X., Luo, M., & Chu, S. K. W. (2019). Relations Among Participation, Fairness and Performance in Collaborative Learning With Wiki-Based Analytics. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 463–467. https://doi.org/10.1002/pra2.00048
Panjwani, F. (2012). Fazlur Rahman and the search for authentic Islamic education: A critical appreciation. Curriculum Inquiry, 42(1), 33–55. https://doi.org/10.1111/j.1467-873X.2011.00574.x
Qur’an Kemenag. (2023). Website. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/3?from=159&to=159
Rahman, M., Bakri, M., Busri, H., Zainullah, Z., & Rahmawati, R. K. N. (2020). Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 39–58. https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.1.39-58
Rapp, C., & Freitag, M. (2015). Teaching Tolerance? Associational Diversity and Tolerance Formation. Political Studies, 63(5), 1031–1051. https://doi.org/10.1111/1467-9248.12142
Reymann, L. S., Fialkowski, G. M., & Stewart-Sicking, J. A. (2015). Exploratory Study of Spirituality and Psychosocial Growth in College Students. Journal of College Counseling, 18(2), 103–115. https://doi.org/10.1002/jocc.12008
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DI INDONESIA. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Rumambi, H. D., & Lintong, J. S. (2018). IMPLEMENTASI TANGGUNGJAWAB SOSIAL INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI (Studi pada Politeknik Negeri Manado). EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(2), 145–163. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2017.v1.i2.2059
Shah, S. (2013). Educational leadership: An Islamic perspective. British Educational Research Journal, 32(3), 363–385. https://doi.org/10.1080/01411920600635403
Smagorinsky, P. (2018). Character Education. In The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching (pp. 1–6). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0111
Syuhud. (2019). muhaiq,+Journal+manager,+2013+A9+Siswanto. Al-Tanzim, 03(02), 37–48. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.658
UU.No.20 th 2003. (n.d.). Retrieved January 1, 2024, from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Juli 2021). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=q4Q8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 suhartono suhartono, Agus Pahrudin, Tasdiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.