Demokrasi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi

Authors

  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Tasdiq

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3250

Keywords:

Demokrasi;, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis demokrasi pendidikan Islam di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) konsep dasar demokrasi pendidikan Islam meliputi; pengertian demokrasi pendidikan, pendidikan Islam sebagai landasan demokrasi pendidikan, menekankan nilai-nilai keadilan, pemikiran kritis, musyawarah, kepemimpinan adil, keterbukaab terhadap keragaman, pendidikan karakater dan pemberdayaan individu. (2) prinsip-prinsip  demokrasi  pendidikan Islam mencakup musyawarah, keadilan kebebasan berpendapat, transparansi. (3) Implikasi bagi dosen dan tenaga kependidikan termasuk partisipasi dalam pengambilan keputusan, kebebasan akademik, pengelolaan sumber daya, pengembangan berpikir kritis, pengembangan kurikulum, dan tanggung jawab sosial. Bagi mahasiswa, implikasinya melibatkan partisipasi aktif, pengembangan keterampilan demokrasi, riset, nilai-nilai demokratis Islam, serta pertumbuhan pribadi dan spiritual. (4) Tantangan dan hambatan melibatkan regulasi, intoleransi, pengaruh eksternal, keterbatasan sumber daya, dan tantangan multikulturalisme. Integrasi prinsip-prinsip demokrasi dengan nilai-nilai Islam diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang demokratis di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339

Ardimen, et. al. (2018). Penguatan Budaya Meneliti. Ta’dib, 21(2), 75–85. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/FilePengajuanArtikel?id=50

Astari, A. (2021). POLITIK HUKUM PELARANGAN DEMONSTRASI MAHASISWA MELALUI SURAT EDARAN KEMENDIKBUD NO. 1035/E/KM/2020 DI MASA PANDEMI. Jurnal Hukum Unissula, 37(1), 50–68. https://doi.org/10.26532/jh.v37i1.15846

Back, L. T., & Keys, C. B. (2020). Developing and testing the College Student Empowerment Scales for Racial/Ethnic Minorities. Journal of Community Psychology, 48(2), 482–502. https://doi.org/10.1002/jcop.22257

Basri. Nawang Retno Dwiningrum. (2019). Potensi Radikalisme di Perguruan Tinggi. JSHP, 3(1), 84–91. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/546/437

Brüssow, H. (2022). On opinion, freedom of speech and its responsibilities. Microbial Biotechnology, 15(10), 2507–2517. https://doi.org/10.1111/1751-7915.14119

Bunyamin. (2017). KONSEPSI MUSYAWARAH DALAM AL-QUR’AN. Al-‘Adl, 10(1), 35–50. https://dx.doi.org/10.31332/aladl.v16i2

Conger, J. A. (2003). Motivate Performance through Empowerment.

Davies, M., & Barnett, R. (2015). The Palgrave handbook of critical thinking in higher education.

Drerup, J. (2019). Education for Democratic Tolerance, Respect and the Limits of Political Liberalism. In Journal of Philosophy of Education (Vol. 00, Issue 0). https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1111/1467-9752.12337

Fajri, H. (2021). Demokrasi Pincang Analisis Terhadap Indeks Demokrasi Provinsi Sumatera Barat Pasca Reformasi. El-Riyasah, 12(1), 108–128. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/13303/6616

Ferkany, M., & Creed, B. (2014). INTELLECTUALIST ARISTOTELIAN CHARACTER EDUCATION: AN OUTLINE AND ASSESSMENT. http://www.jubileecentre.ac.uk/432/character-education.

Hanafi, M. (2014). PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/islamuna/article/view/572/554

Harahap. (2016). Refleksi Dinamika Kebebasan Akademis dalam Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/621/324

Harriger, K. J. (2014). Deliberative Dialogue and the Development of Democratic Dispositions. New Directions for Higher Education, 2014(166), 53–61. https://doi.org/10.1002/he.20095

Haryanto, S. (2020). INTERNALISASI NILAI DEMOKRASI DAN HUMANISME. Paramurobi, 03(02), 114–128. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/2860/1702

Jalil, A. (2020). Kompatibilitas Islam Dan Demokrasi Tantangan Dan Hambatan Demokratisasi Di Dunia Islam. Andragogi, 8(2), 430–455. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.121

Lalu Muhammad Nurul Wathan. (2020). Akhlak Tasawuf_ Menyelami Kesucian Diri - Lalu Muhammad Nurul Wathoni - Google Buku (Dony Hendriawan, Ed.; Pertama). Forum Pemuda Aswaja.

Maxcy, S. J. (1985). The Democratic "Myth ’ ’ and The Search for a Rational Concept of Education. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.1985.tb00113.x

Muhammad Hanafi. (2013). CITA HUKUM. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/citahukum

Muhtarom, A., Pada, D., Manajemen, J., Islam, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Agama, I., Negeri, I., Hasanuddin, M., & Abstrak, B. (2009). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN PROFESIONLITAS DOSEN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM PROVINSI BANTEN. http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,44239-

Ng, J., Hu, X., Luo, M., & Chu, S. K. W. (2019). Relations Among Participation, Fairness and Performance in Collaborative Learning With Wiki-Based Analytics. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 463–467. https://doi.org/10.1002/pra2.00048

Panjwani, F. (2012). Fazlur Rahman and the search for authentic Islamic education: A critical appreciation. Curriculum Inquiry, 42(1), 33–55. https://doi.org/10.1111/j.1467-873X.2011.00574.x

Qur’an Kemenag. (2023). Website. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/3?from=159&to=159

Rahman, M., Bakri, M., Busri, H., Zainullah, Z., & Rahmawati, R. K. N. (2020). Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 39–58. https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.1.39-58

Rapp, C., & Freitag, M. (2015). Teaching Tolerance? Associational Diversity and Tolerance Formation. Political Studies, 63(5), 1031–1051. https://doi.org/10.1111/1467-9248.12142

Reymann, L. S., Fialkowski, G. M., & Stewart-Sicking, J. A. (2015). Exploratory Study of Spirituality and Psychosocial Growth in College Students. Journal of College Counseling, 18(2), 103–115. https://doi.org/10.1002/jocc.12008

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DI INDONESIA. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Rumambi, H. D., & Lintong, J. S. (2018). IMPLEMENTASI TANGGUNGJAWAB SOSIAL INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI (Studi pada Politeknik Negeri Manado). EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(2), 145–163. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2017.v1.i2.2059

Shah, S. (2013). Educational leadership: An Islamic perspective. British Educational Research Journal, 32(3), 363–385. https://doi.org/10.1080/01411920600635403

Smagorinsky, P. (2018). Character Education. In The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching (pp. 1–6). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0111

Syuhud. (2019). muhaiq,+Journal+manager,+2013+A9+Siswanto. Al-Tanzim, 03(02), 37–48. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.658

UU.No.20 th 2003. (n.d.). Retrieved January 1, 2024, from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf

Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Juli 2021). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=q4Q8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Suhartono, S., Pahrudin, A., & Tasdiq. (2024). Demokrasi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi . Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 43–52. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3250
Abstract Views: 262 | File Views: 334