The Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jumo dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3042Keywords:
Analisis, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPAAbstract
Keterampilan berpikir kreatif siswa yang masih rendah menuntut guru untuk menggunakan desain pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa SMPN 1 Jumo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif semi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan open-ended tes essai berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jumo berjumlah 70 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk kategori kurang kreatif. Persentase kemampuan siswa pada masing-masing indikator adalah Fluency 46% berada pada kategori cukup kreatif, 41% Flexibility berada pada kategori cukup kreatif, 36% Originality berada pada kategori kurang kreatif, dan 34% Elaboration juga termasuk dalam kategori kurang kreatif. Kesimpulan yang didapatkan adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih berada pada kategori kurang kreatif, sehingga perlu adanya cara untuk meningkatkannya.
Downloads
References
Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi-Ipa Pada Mata Pelajaran Fisika Sma Negeri Se-Kota Pati. Jurnal Terapan Abdimas, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13909
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906
Banjarnahor, R. E. (2022). Guru Indonesia dan Tantangan Pembelajaran Abad 21. 1–5.
Dewi, H. R., Mayasari, T., & Jeffry, H. (2017). Peningkatan ketrampilan berfikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 3, 20, 47–53. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.
Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473
Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. 1(1997), 243–250.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
H.Firdaus, Widodo, A., & D.Rochintaniawati. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan proses pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran biologi (Analysis of creative thinking ability and process of creative thinking ability development of junior high school students on biolog. Indonesian Journal Of, 1(121–28).
Kompri, Mp. . (2015). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah.
MARLIANI, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jurnal Basicedu, 7(1), 1023–1031. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812
Massoudi1 ’, M. (2003). Can Scientific Writing Be Creative? Journal of Science Education and Technology, 12(2), 115–128. http://www.jstor.org/stable/40186599%5Cnhttp://about.jstor.org/terms
Moma, L. (2015). Pengambangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. ::Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(April), 27–41.
Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Gramedia Pustaka Utama. 9796554542, 9789796554546
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.
Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543
Oktaviana, S. (2015). PengembanganBahan Ajar FisikaBerbasis Guide Inquiry untukMeningkatkanBerpikirKreatifSiswa. FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Permanasari, A., & Permana, I. (2021). Profil kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif siswa kelas vii pada materi pencemaran lingkungan. 8, 31–42.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rofi’uddin, A. (2000). Model Pendidikan Berpikir Kritis Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Majalah Bahasa Dan Seni, 1.
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028
Sekar, D. K. S., Dr. Ketut Pudjawan, & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Pemaron Kecamatan Buleleng. Mimbar Pgsd Undiksha, 3(1)., 3. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5823
Shively, C. H. (2011). Grow Creativity! International Society for Technology in Education, 38(7), 10–15.
Shriki, A. (2013). A Model for Assessing the Development of Students’ Creativity in the Context of Problem Posing. Creative Education, 04(07), 430–439. https://doi.org/10.4236/ce.2013.47062
Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183
Sitorus, J., & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: Implementation of realistic mathematics education. Thinking Skills and Creativity, 22, 111–120. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (4th ed.).
Sumiati, & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. (2nd ed.). CV. Wacana Prima.
Trisnayanti, Y., Ashadi, Sunarno, W., & Masykuri, M. (2020). Creative thinking profile of junior high school students on learning science. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012072
Wang, A. Y. (2011). Contexts of creative thinking: a comparison on creative performance of student teachers in Taiwan and the United States. Journal of International and Cross-Cultural Studies, 2(1), 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 purwanti, Syaipul Hayat, Endah Rita, Fenny Roshayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.