Api Tak Kunjung Padam: Potensinya sebagai Sumber Belajar IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Api Tak Kunjung Padam, hasil belajar IPA, media belajar, sumber belajarAbstract
Dilatarbelakangi oleh pentingnya sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar dan pemanfaatan Api Tak Kunjung Padam yang masih minimalis sebagai sumber belajar, dilakukaan penelitian untuk mengidentifikasi konsep-konsep IPA pada kawasan Api Tak Kunjung Padam dan mengevaluasi potensinya sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan tahapan analyze dalam rangkaian metode penelitian pengembangan ADDIE. survei dilakukan di Kawasan Api Tak Kunjung Padam. Berikutnya dilakukan identifikasi konsep IPA yang dapat dipelajari dari Api Tak Kunjung Padam dalam rangka pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Konsep yang teridentifikasi kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar terdapat dua kelompok konsep IPA, yakni yang khas/unik dan yang tidak khas. Penjabaran konsep yang teridentifikasi serta analisis SWOT yang disajikan diharapkan dapat menjadi dasar bagi peneliti atau pelaksana pembelajaran dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan Api Tak Kunjung Padam sebagai sumber belajar.
Downloads
References
Abdelrahman, R. M. (2020). Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students. Heliyon, 6(9), e04192. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04192
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Alhadabi, A., & Karpinski, A. C. (2020). Grit, self-efficacy, achievement orientation goals, and academic performance in University students. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 519–535. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1679202
Ariani, M. G., & Ghafournia, N. (2016). The Relationship between Socio-Economic Status, General Language Learning Outcome, and Beliefs about Language Learning. International Education Studies, 9(2), 89. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p89
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Sma Berbasis Kontekstual Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 2. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/
Branch, R. M. (2019). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/101007/978-0-387-09506-6
Broer, M., Bai, Y., & Fonseca, F. (2019). Socioeconomic Inequality and Educational Outcomes Evidence from Twenty Years of TIMSS (Vol. 5). Spinger Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-030-11991-1
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (1st ed.). Penerbit Laksita Indonesia.
Duc, N. M., Linh, N. Q., & Yuenyong, C. (2019). Implement of STEM education in Vietnamese high school: Unit of acid-base reagent from purple cabbage. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012029
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fitriani, A. N., Purnomo, A., & Ginanjar, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Ambarawa. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 164–168. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36422
Hafid, H. A. (2011). Volume 6, Nomor 2 1. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69–78.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 10–17.
Irwandi, & Fajeriadi, H. (2019). 66 | Irwandi Utilizing the Environment as a Learning Source to Increase Interest and Learning Outcomes of High School Students in the Coastal Region, South Kalimantan IRWANDI (1) * , HERY FAJERIADI (2). JBIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.
Januszewski, A. (2001). Educational Technology The Development of a Concept.
Jullian, R. (2012). Nilai Religius Legenda Api Tak Kunjung Padam dari Kecamatan Tlanakan Pamekasan. LORONG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 2(2), 93–103.
Jumiati. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna, 2(2), 21.
Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076
Junaidi, A., & Yuwanto, S. H. (2022). Identifikasi Gas Biogenik Berdasarkan Data Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Sclumberger di Desa Larangan Tokol, Tlanakan, Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), 1(1), 444–450.https://doi.org/10.31284/j.semitan.2022.3008
Juniwati, Yusrizal, & Khaldun, I. (2020). Influence of the contextual teaching and learning model against student learning outcome. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012128
Kartika, A., & Wahyuningrum, S. R. (2022). Pendampingan promosi online untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di Wisata Api Tak Kunjung Padam Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 4(1), 41–57. https://doi.org/10.19105/pjce.v4i1.5846
Katz, D. L., Katz, C. S., Treu, J. A., Reynolds, J., Njike, V., Walker, J., Smith, E., & Michael, J. (2011). to Elementary School Students and Their Parents : The Nutrition Detectives TM Program ∗. Journal of School Health, 81(1), 21–28.
Klimova, B. (2019). Impact of mobile learning on students’ achievement results. Education Sciences, 9(2). https://doi.org/10.3390/educsci9020090
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Lina, R., & Juwita, P. (2021). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bertema Keindahan Alam. Jurnal Komunitas Bahasa, 9(2), 62–67. https://doi.org/10.36294/jkb.v9i2.2181
Linh, N. Q., Duc, N. M., & Yuenyong, C. (2019). Developing critical thinking of students through STEM educational orientation program in Vietnam. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012025
Oktavia, R. D., & Sari, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Langsung Dengan Penggunaan Biopori Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem. Bio-Lectura, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4008
Owoseni, A., Ibem, E., & Opoko, A. (2020). Socio-Economic Profiling of Students and its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(19), 213–222. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.14649
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165
Primayana, K. H., & Suryawan, I. A. J. (2022). The Influence of Contextual Learning Approach Loaded with Cultural Values on Student Learning Outcomes. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2309
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Rosiyanti & Muthmainnah. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25.
Schneider, M., & Preckel, F. (2017). Variables associated with achievement in higher education: A systematic review of meta-analyses. Psychological Bulletin, 143(6), 565–600. https://doi.org/10.1037/bul0000098
Setiawan, P., & Sudana, D. N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Panji Setiawan , I Dewa Nyoman Sudana Jurusan PPG PGSD Prajabatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 238–247.
Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051
Speth, C. (2015). The SWOT Analysis A Key Tool for Developing Your Business Strategy.
Steinmayr, R., Weidinger, A. F., Schwinger, M., & Spinath, B. (2019). The importance of students’ motivation for their academic achievement-replicating and extending previous findings. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01730
Suharwati, S. I., Sumarmi, & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 74–79. https://media.neliti.com/media/publications/211315-pengaruh-model-pembelajaran-resource-bas.pdf
Susena, D. K. S. S., & Yanuwiadi, B. (2015). Eksplorasi Potensi Ekowisata di Kawasan Api Tak Kunjung Padam Kabupaten Pamekasan. J-Pal, 6(1), 48–55.
Sutaphan, S., & Yuenyong, C. (2019). STEM Education Teaching approach: Inquiry from the Context Based. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012003
Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510
Tricahyono, D., & Widiadi, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning Di SMA Trenggalek. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(2), 208. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i2.6462
Villaruz, E. J., Cardona, M. C. F., Buan, A. T., Barquilla, M. B., & Yuenyong, C. (2019). Ice Cream STEM Education Learning Activity: Inquiry from the Context. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012092
Wahid, Y., Nuzulia, N., & Arifin, M. B. U. B. (2020). Development of Learning Media for PEN Material (Puzzle Nusantara) Cultural Diversity to Improve Learning Outcomes of Fourth Grade Students at MIS Al-Falah Lemahabang. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i2.1037
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Wicaksono, B. A., Sudarman, S. W., & Farida, N. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL). Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(2), 111–119. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/limacon
Wifahmi, R., & Sulaiman. (2022). Integrasi Budaya Lokal Kabupaten Pamekasan Pada Muatan IPA dalam Buku Siswa Tema 2 Kelas IV. 2–5. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/wv76u
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Sutarja, Badrud Tamam, Farah Lailatul Nur Alifiyah, Fatiratur Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

