Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia

Authors

  • Afridha Laily Alindra Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.206

Keywords:

mesin kecerdasan, kepribadian genetik, aksiologi

Abstract

Metode STIFIn ini merupakan penerapan dari konsep STIFIn yang mengkompilasi dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumberdaya manusia. Cara mengetahui mesin kecerdasan ini dengan STIFIn Fingerprint, sebuah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari untuk mendapatkan sidik jari dengan alat fingerprint. Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan seseorang yang diberinama STIFIn yang merupakan singkatan dari sensing (disingkat S), thinking (disingkat T), intuiting (disingkat I), feeling (disingkat F), insting (disingkat In). Dengan menggunakan metode kajian literatur menganalisis bahwa keberadaan mesin kecerdasan dan kepribadian genetik ini mendorong pengembangan potensi kecerdasan manusia yang lebih efektif. Pandangan studi aksiologis metode STIFIn perlu dipelajari secara lebih mendalam, terutama penggunaannya dalam bidang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firman, H. (2018). Filsafat Sains. Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York : John Wiley.

Gunadi, I. n.d. Pengembangan Model Kepemimpinan Sekolah dengan Pendekatan Konsep STIFIn. Di akses di: https://www.academia.edu/34614271/Pengembangan_Model_Kepemimpinan_Sekolah_dengan_Pendekatan_Konsep_STIFIn. Tanggal akses: 4 April 2018.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode STIFIn Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 201-223.
http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223

Nistiningtyas. (2013) Tes STIFIn dalam Mencapai Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tarikh di Kelas ViiI di SMP IT Al- Amri Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pasiak, T. (2008). Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Quran dan Neurosains Mutakhir. Bandung: Mizan.

Poniman, F. (2012). Penjelasan Hasil Tes STIFIn. Bekasi: PT. STIFIn Fingerprint.

Poniman, F. & Rahman, A.M. (2013). Konsep Palugada STIFIn. Jakarta: STIFIn Institute.

Rafianti, I., & Pujiastuti, H. (2017). Analysis of Students'mathematical Power in Terms of Stifin Test. Infinity Journal, 6(1), 29-36.
https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.233

Ramly, N. (2010). Rahasia & Keajaiban Kekuatan Otak Tengah. Jakarta: Best Media Utama.

Ratna, S.D & Ridwan. A.S. (2017). Peran Guru Fisika Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan dan Sains 2017. Prodi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Medan.


Suriasumantri, J.S. (2010). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Popular. Jakarta: Sinar Harapan.

Smith, M.K. (2002). Howard Gardner and Multiple Intelligences. The encyclopedia of informal education. https://www.schols.smcdbs.on.ca. Diakses pada 3 April 2018

Tyagi, A. (2008). Personality profiles identification using MBTI test for management students: an empirical study. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 34(1), 151-162.

Wiramihardja, S. A. (2009). Pengantar Filsafat: Sistematika dan Sejarah Filsafat, Logika dan Filsafat Ilmu (Epistemologi), Metafisika dan Filsafat Manusia, Aksiologi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2018-08-13

How to Cite

Alindra, A. L. (2018). Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 64–73. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.206

Issue

Section

Articles