Analisis Kebutuhan pada Model pembelajaran Project Base Learning

(Studi kasus: Tugas Pembuatan Film Animasi Matematika SD Pada Mata Kuliah Workshop Matematika)

Authors

  • Yogi Wiratomo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.163

Keywords:

Analisis Kebutuhan PBL, film animasi Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dari model pembelajaran Project Base Learning mata kuliah Workshop Matematika dengan tugas pembuatan film animasi matematika SD dengan melihat kemungkinan terjadinya pola kebiasaan siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi dan telepon pintar sehingga diperlukan media pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa dalam belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan langkah – langkah analisis kebutuhan (Analize) pada metode pengembangan ADDIE (Analize, Design, Develop, Implement, Evaluatian). Analisis kebutuhan yang dilakukan meliputi validasi kesenjangan kinerja, merumuskan tujuan instruksional, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, mengidentifikasi sumber-sumber yang dibutuhkan, menentukan strategi pembelajaran yang tepat, menyusun rencana pengelolaan program/proyek. Hasil analisis kebutuhan ini yang menjadi dasar dalam pembuatan film animasi matematika, Film animasi yang dihasilkan adalah film animasi matematik yang menarik dan sesuai dengan tema dalam kurikulum 2013

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyansah, A. (2012). Film Animasi sebagai Medium Dokumentasi Kekayaan Alam, Intelektual, Budaya, dan Dinamika Sosial Politik. Humaniora, 3(2), 668-677. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3411.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39-43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York : Springer

Eliza, R. (2010). Media pembelajaran Sebagai Sarana Komunikasi Matematika di Sekolah Dasar. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2): 152-160.

Fauziyah, L., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang menunjang pendidikan karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 149-163. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2715.

Gülbahar, Y., & Tinmaz, H. (2006). Implementing project-based learning and e-portfolio assessment in an undergraduate course. Journal of Research on Technology in Education, 38(3), 309-327. https://doi.org/10.1080/15391523.2006.10782462

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, Dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. (2002). Media Pendidikan .Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-08-14

How to Cite

Wiratomo, Y. (2018). Analisis Kebutuhan pada Model pembelajaran Project Base Learning: (Studi kasus: Tugas Pembuatan Film Animasi Matematika SD Pada Mata Kuliah Workshop Matematika). Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 74–83. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.163

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 2493 | File Views: 1943